Pengalaman Unik Saat MPLS

  • Posted: 2021-09-09
  • By: Gregorius Rayindra VII B

Pada tanggal 12 Juli 2021 sampai 17 Juli 2021, saya mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Satu hari sebelum pertemuan virtual melalui zoom dimulai, saya sudah merasa deg-degan. Saat masuk ke dalam pertemuan virtual ini, saya bisa merasakan bahwa nilai kedisiplinan dijaga di SMP Santa Ursula BSD karena saya dan siswa-siswi lainnya diminta untuk menyalakan kamera dan me-rename nama sesuai format yang sudah  diberikan. Selain itu, guru-guru SMP sangat ramah dengan cara menyapa saya dan siswa-siswi lainnya. Tidak hanya itu, guru-guru SMP juga terbuka, ceria, dan bersemangat saat perkenalan. Hal tersebut membuat saya dan siswa-siswi lainnya menerima energi positif. Breakout-room setiap kelas pun dilakukan. Saya merasa sedikit takut karena saya belum mengenal beberapa teman dan hanya mengenal teman dari SD Santa Ursula BSD. Selain itu, saya juga belum mengenal wali kelas saya. Akan tetapi, semua menjadi berjalan lancar dan baik setelah perkenalan dan perbincangan antarsiswa bersama dengan wali kelas.

Hal yang dijelaskan di MPLS memang cukup banyak, tetapi hal tersebut disajikan dalam bentuk yang unik seperti power point, video, atau pun permainan virtual. Hal yang dijelaskan di dalam MPLS saya catat karena sangat penting dan cukup banyak. Hal-hal tersebut antara lain  visi misi sekolah, 10 nilai Santa Ursula, nilai KKM, aturan di SMP Santa Ursula, dan pengenalan ruang-ruang yang ada di sekolah. Setelah ada penjelasan dari para guru di ruang zoom besar, semua siswa masuk ke breakout room kelas masing-masing bersama wali kelas menegaskan kembali hal-hal yang sudah dijelaskan. Pembahasan dilakukan dengan tanya jawab dan juga kuis. Di dalam MPLS, tidak hanya ada penjelasan dan pembahasan, ada juga kegiatan ice breaking (permainan) yang melatih fokus. Selain itu, MPLS Santa Ursula BSD mengenalkan gaya pembelajaran di SMP Santa Ursula melalui Quizizz dan tebak-tebakan yang melatih ketelitian dan melaih berpikir tingkat tinggi. Penjelasan dan Pengenalan Kampus dirangkum dalam bentuk yang unik dan tidak monoton.

Dari semua kegiatan MPLS SMP Santa Ursula BSD saya merasakan diterima di sekolah. MPLS Santa Ursula BSD sangat seru dengan adanya ice breakingdan kuis-kuis. Saya juga belajar untuk terbuka, ramah terhadap orang baru, belajar fokus, memahami dengan baik penjelasan Bapak Ibu Guru, teliti, dan kritis dalam menanggapi suatu hal.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back