Webinar Bijak Menggunakan Media Sosial

  • Posted: 2021-09-10
  • By: Gabriella Birgita Simanjuntak 8E/16

Media sosial sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari kita semua. Media sosial sudah menjadi konsumsi harian hampir setiap manusia. Pada awalnya, hanya orang tua yang menggunakan media sosial. Namun, sekarang balita pun sudah mulai memakai media sosial. Berdasarkan Kamus Oxford, media sosial adalah situs dan aplikasi yang membuat penggunanya dapat menciptakan dan membagikan konten atau bergabung dalam jejaring sosial.

Seiring berkembangnya zaman, mulai banyak jenis-jenis media sosial yang bermunculan. Pengguna media sosial pun semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Perkembangan terus terjadi sampai terkadang pengguna media sosial mulai melupakan bahwa semua pengguna tetap wajib untuk menggunakan media sosial dengan bijak sehingga mulai banyak pengguna yang menyalahgunakan media sosial untuk hal-hal negatif.

Dalam rangka untuk menghindari penyalahgunaan tersebut, SMP Santa Ursula BSD mengadakan sebuah webinar. Webinar ini adalah webinar yang mengimbau para murid untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Webinar ini dilaksanakan pada Senin, 24 Mei 2021 melewati pertemuan virtual di zoom. Narasumber webinar ini adalah Khara Gracia yang merupakan seorang praktisi media sosial.

Media sosial memiliki beberapa fungsi, beberapa contohnya adalah untuk menunjukkan identitas, berkomunikasi, membuat reputasi, untuk membagikan pengalaman, membuat sebuah kelompok berdasarkan kesamaan, dan lain-lain. Walau terdengar sepele, media sosial bisa menjadi hal yang sangat berbahaya bila digunakan dengan cara yang salah. Berikut ini cara untuk menggunakan media sosial dengan bijak untuk menghindari bahaya penggunaan media sosial:

1. Hargailah diri sendiri. Janganlah bagikan kata-kata tidak sopan maupun hal-hal tidak senonoh lainnya.

2. Perhatikan orang asing yang mengajak berkenalan melalui media sosial. Orang asing tersebut bisa saja berbahaya.

3. Pikirlah berkali-kali sebelum membagikan suatu hal di media sosial.

4. Jangan lakukan hal yang berbahaya hanya untuk membesarkan nama di media sosial.

5. Bagikan dan berilah komentar positif.

6. Janganlah buang-buang waktu untuk membagikan terlalu banyak hal di media sosial. Tidak semua hal perlu dibagikan di media sosial.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back