Mengasah Wawasan Kepemimpinan Melalui Pelatihan Presidium Siswa SMP 2023

  • Posted: 2023-05-05
  • By: Natania Nalini Dewanto- 8A/29

Presidium Siswa SMP Santa Ursula BSD periode 2023 berkesempatan melengkapi bekal keterampilan berorganisasi yang dibutuhkan dalam menjalankan tugasnya. Bekal kali ini merupakan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan pada hari Jumat dan Sabtu, 28-29 April 2023, bertempat di Kampus Santa Ursula BSD.

Mengawali rangkaian kegiatan pelatihan, Suster Francesco Marianti OSU, selaku Koordinator Kampus Santa Ursula BSD, berkenan memberikan pesan penyemangat bagi peserta yang terdiri dari ketua presidium serta para koordinator seksi. Pada kesempatan ini, Suster Francesco mengisahkan pengalamannya saat bersekolah di Santa Ursula Jalan Pos, Jakarta. Ketika itu, Suster Francesco berjuang mempelajari Bahasa Belanda, serta mengikuti banyak kegiatan ekstrakurikuler, baik di dalam maupun di luar sekolah. Suster Francesco juga menyampaikan bahwa beliau berusaha keras untuk memperoleh prestasi akademik yang baik, namun tidak ingin menjadi peringkat satu, karena menurut Suster, peringkat satu hanyalah kutu buku. Sedangkan beliau ingin mempelajari banyak hal baru.

Usai perbincangan dengan Suster Francesco, kami memulai kegiatan pelatihan, didampingi oleh dua orang pelatih, yakni Bapak Tino dan Bapak Cherry. Tugas pertama yang kami terima adalah menilai diri kami sendiri. Tugas ini merupakan sebuah cara untuk kami mengenal diri kami lebih baik, mengenai kelebihan dan kekurangan kami yang perlu dikembangkan. Tugas ini juga merupakan kesempatan untuk mengenal teman-teman kami dengan lebih baik. Setelah tugas ini, kami diperkenalkan dengan pohon kepemimpinan. Bagaimana sebuah pohon mencerminkan seorang pemimpin. Akarnya merupakan nilai-nilai yang menjadi pondasinya, batang dan cabang merupakan proses yang ia lewati, dan buah merupakan hasilnya. Salah satu hasil tersebut adalah teladan.

Setelah mempelajari banyak hal mengenai kepemimpinan, kami diajak keluar dari gedung sekolah, menuju area terbuka di depan auditorium. Di sana kami bertemu dengan Kak Cherry dan menerapkan ilmu yang kami dapatkan melalui permainan. Pertama, kami memulai dengan pengenalan dan permainan untuk melatih fokus. Lalu kami mulai bermain tangkap bola, di mana kami harus melempar bola ke teman di kanan kami, sekaligus menerima bola dari kiri kami dengan satu tangan. Permainan kedua merupakan permainan  magic stick. Dalam permainan ini kami harus meletakkan sebuah tiang yang panjang bersama-sama, menggunakan dua jari. Permainan ini merupakan salah satu yang tersulit. Terakhir, permainan yang kami lakukan adalah membalikkan karpet. Permainan ini dilakukan dengan cara membalikkan karpet, namun seluruh anggota tim harus tetap berada di atas karpet. 

Selesai permainan ini, kami melakukan evaluasi dan diperkenalkan dengan hal baru yaitu tiga kegiatan komunikasi formal : debat, diskusi, dan rapat. Kegiatan ini mengakhiri rangkaian kegiatan pelatihan hari pertama, untuk kemudian dilanjutkan pada hari berikutnya. 

Pelatihan hari kedua diawali dengan review dan dilanjutkan dengan permainan komunikasi. Seorang pemimpin perlu wawasan luas terdiri dari pengetahuan dan pengalaman. Wawasan mereka diuji melalui permainan ini. Pada permainan ini, kami diberi satu kata dan perlu membicarakan kata itu selama satu menit. Kata yang diberikan berasal dari berbagai topik, seperti tokoh politik, masalah lingkungan, dan kejahatan. 

Selesai permainan ini, kami mengerjakan sebuah tugas di mana kami mengurutkan faktor keberhasilan dan kemajuan OSIS. Setelah tugas selesai dilakukan peserta secara perorangan, proses dilanjutkan dengan diskusi di dalam kelompok, untuk mendapatkan rutan faktor keberhasilan yang disepakati bersama. Selanjutnya, antar kelompok berdebat untuk mendapatkan keputusan bersama mengenai urutan faktor keberhasilan dan kemajuan OSIS SMP Santa Ursula BSD. Kegiatan ini merupakan penerapan kegiatan komunikasi formal yaitu debat dan diskusi. 

Kelanjutan dari kegiatan tersebut, kami melakukan sebuah role play rapat. Rapat merupakan bentuk komunikasi formal yang terakhir. Rapat ini membahas Visi-Misi Presidium dan program-program rutin yang akan diadakan oleh seksi-seksi. Dalam mempersiapkan rapat ini, ketua melakukan pembahasan mengenai visi-misi, sedangkan koordinator seksi merumuskan program kegiatan. Rangkaian kegiatan selama dua hari pelatihan ini diakhiri dengan sesi foto dan pengucapan yel-yel. 

 

Bagi saya secara pribadi, pengalaman mengikuti kegiatan ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat bermanfaat. Saya mendapatkan wawasan baru mengenai menjadi seorang pemimpin dan mengenai kinerja suatu organisasi. Saya juga belajar pentingnya peran komunikasi dalam suatu organisasi. 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back