MELATIH FISIK DAN MENTAL DI BATALYON ARHANUD

  • Posted: 2023-09-21
  • By: Ancilla Queenashe Purwono VIIID/01 & Madelyn Audrina Kartadinata VIIID/23

Kegiatan Fisik dan mental atau Fital adalah kegiatan yang dilakukan secara berkala untuk siswa SMP Santa Ursula BSD kelas VIII. Kegiatan dilaksanakan di Batalyon Artileri Pertahanan Udara 1, Serpong Senin-Selasa, 21-22 Agustus 2023. Seluruh siswa kelas VIII berkumpul di lapangan SMP Santa Ursula BSD menuju Batalyon Arhanud pukul 06.30. Keberangkatan kami dari sekolah menggunakan truk TNI. Kami menikmati sensasi menaiki kendaraan TNI di jalan raya bersama teman-teman sekelas. Canda dan tawa mewarnai perjalanan kami sehingga tanpa disadari kami sudah sampai di Batalyon Arhanud.

Sesampainya di Batalyon Arhanud, kami segera berkumpul dan berbaris. Setelah itu, kami mulai memasuki barak yang dipisahkan antara perempuan dan laki-laki. Saat memasuki barak, kami bisa melihat puluhan tempat tidur lipat atau biasa disebut tictac velbed yang berjajar. Kami meletakkan tas ransel dan menyiapkan diri melanjutkan aktivitas berikutnya, yaitu upacara pembukaan.

Setelah upacara pembukaan selesai, kami berbaris sesuai kelas untuk latihan peraturan baris-berbaris (PBB). Kami melakukannya di bawah terik sinar matahari pagi bersama pelatih tentara pembimbing. Selama melakukan PBB, beberapa dari kami harus melipir ke bawah pohon dikarenakan tidak kuat. Ada juga yang pingsan dan harus dievakuasi oleh guru pendamping. Di sela-sela PBB beberapa kali kami harus jongkok, berdiri, tiarap, dan berguling di rumput sambil berteriak “Ursula!” sekencang mungkin dikarenakan kami tidak melakukan PBB dengan baik.

Setelah kurang lebih 45 menit berlatih PBB, kami kembali berkumpul untuk makan snack. Kami makan berhadap-hadapan dengan teman seangkatan dan sebelum memulai makan, harus melakukan sikap siap secara duduk. Waktu yang diberikan kurang lebih 3-4 menit untuk menghabiskan satu kotak snack berisi 4-5 macam makanan tradisional. Siswa yang tidak bisa menghabiskan snack harus dibantu siswa lainnya untuk menghabiskan.

Kegiatan selanjutnya adalah bermain game dengan membentuk lingkaran berdasarkan inisial nama, bulan dan tahun lahir, serta ukuran sepatu. Kami sangat bersenang-senang, seakan kami lupa sakit yang kami rasakan tadi saat PBB di bawah terik matahari yang sangat menyengat. Tak berlangsung lama, kami masuk ke sesi berikutnya yaitu mendengarkan cara menggunakan kompas untuk kegiatan malam.

Setelah menyelesaikan kegiatan mengenal kompas, kami kembali berkumpul dan berjalan menuju lapangan voli untuk kegiatan jurit malam. Walaupun dibagi menjadi 2 kelompok, kedua kelompok ini harus saling bekerja sama untuk menyelesaikan jurit malam. Selesai jurit malam pukul 02.00, kami kembali ke lapangan voli sebelum menuju barak untuk akhirnya beristirahat.

Pukul 03.00 dini hari, kami dibangunkan tentara dengan suara ketukan di pintu barak yang sangat keras. Kami semua kaget dan terbangun dari tidur yang hanya 1 jam. Kami keluar barak dengan pakaian tidur dan setengah sadar. Di depan barak, seluruh siswa melakukan push up 10 kali di aspal yang keras. Setelah itu kami diperbolehkan kembali ke barak dan melanjutkan tidur. Kebanyakan dari kami kesulitan tidur karena hawa yang panas dan nyamuk dimana-mana. Saat itu, kami sangat berjuang untuk tidur karena harus menyiapkan energi di esok hari.

Keesokan harinya, kami dibangunkan sekitar pukul 4.15 langsung bersiap-siap untuk memulai lari pagi. Kami berlari mengelilingi lapangan voli dan rumah warga sebanyak 3 kali sembari menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Sungguh melelahkan karena kami baru bangun  dan tidak terbiasa. Namun, kami menjalankannya dengan baik.

Kegiatan ditutup dengan bermain outbond mini. Mini outbond ini adalah rintangan-rintangan kecil yang berlumuran lumpur dimana-mana sehingga membuat sekujur badan kami penuh dengan lumpur. Walaupun terlihat menjijikan, kami sangat menikmati kegiatan ini. Akhirnya, kami tiba di penghujung kegiatan yaitu upacara penutupan sebelum kembali ke sekolah. Sekitar pukul 4.30, kami selesai melakukan upacara dan menuju truk TNI untuk kembali ke sekolah.

 Kegiatan Fital ini mengajak kami untuk melatih ketahanan tubuh. Kami juga dilatih untuk meningkatkan daya juang serta kebersamaan kami dua hari berkegiatan. Kedisiplinan  Kami belajar disiplin akan waktu yang diberikan dan didorong untuk bisa mengatur waktu dengan baik sehingga kehidupan sehari-hari tetap seimbang. Selain itu, kami juga belajar untuk bisa bertanggung jawab atas segala hal yang kami lakukan. Mulai dari barang-barang yang kami miliki sampai sikap kami selama berada di Batalyon Arhanud. Kebersamaan dan proses berharga yang kami alami, tak peduli seberapa rasa lelah, capek, senang, sedih, lega, yang semuanya menjadi satu. Apapun yang dilalui, kami lalui bersama. Kami datang dengan ceria dan pulang dengan cerita.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back