GRAFIO

  • Posted: 2023-09-21
  • By: Ferdinand Pieter Israel Sanadi Noach (IXE/09)

Grafio adalah singkatan dari Gerakan Fisik dan Otak. Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dari Presidium Siswa dan Tim Fisik dan Mental (FITAL) SMP Santa Ursula BSD yang bertujuan melatih fisik dan kemampuan bekerja otak para siswa kelas VII dan VII. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 17 Mei 2023 dari pukul 07.00 - 12.00 WIB. Konsep Grafio adalah setiap kelas mengunjungi pos-pos dengan game yang berbeda-beda pada setiap posnya sehingga setiap pemain akan berganti pos secara bergilir hingga setiap pos tersebut dilewati. Ada 10 pos serta 1 game besar di akhir kegiatan, yang memiliki poin terbesar. Poin yang didapatkan kelas pada setiap game akan dicatat oleh petugas pada masing-masing pos dan kemudian ditotalkan pada akhir game

Sebelum kegiatan  dimulai, para siswa  meletakkan tas mereka di sport hall, lalu berkumpul  di lapangan untuk berdoa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan melakukan pemanasan untuk mengurangi risiko cedera. Setelah itu, para siswa per kelas diminta untuk berpindah ke pos masing-masing yang sudah ditentukan dan dibagikan oleh Panitia Presidium dan Tim FITAL. Jenis-jenis game yang dimainkan dalam kegiatan ini antara lain Tendang Rintang, Lampion, Bola Kuis, Babi Buta, dan Tebak Gambar.

Game di pos 1 adalah Tendang Rintang. Pada game ini, seluruh siswa dalam kelas akan secara bergantian menendang bola ke arah cone-cone yang dihalangi oleh rintangan-rintangan Untuk mendapatkan poin, bola yang ditendang siswa harus melewati rintangan yang tersedia dan berhasil menjatuhkan minimal 1 cone. Semakin banyak cone yang berhasil dijatuhkan, semakin banyak poin yang didapatkan oleh kelas tersebut. 

Game di pos 2 adalah Lampion (Lempar Bola dapat Poin). Setiap siswa akan berdiri di belakang garis batas yang ditentukan panitia lalu melempar bola ke arah keranjang-keranjang yang sudah disediakan secara bergilir. Besarnya poin yang didapatkan ditentukan sesuai jarak antara batas melempar, dan letak keranjang. Untuk mendapatkan poin, bola yang dilempar siswa harus berhasil masuk ke salah satu keranjang, poin yang didapatkan juga bergantung pada besarnya poin pada keranjang tersebut.

Game di pos 3 adalah Bola Kuis. Siswa dalam kelas akan berbaris menjadi satu banjar, kemudian mulai dari siswa yang berada di paling depan secara bergilir berlari untuk mengambil bola yang sudah diberi angka. Setiap angka memiliki pertanyaan masing-masing yang sudah disiapkan oleh panitia. Untuk mendapatkan poin, siswa harus menjawab pertanyaan berdasarkan angka yang didapatkan dengan benar. Semakin sulit pertanyaannya, semakin besar poinnya. Siswa yang telah menjawab pertanyaan akan berpindah ke paling belakang, dan begitu seterusnya.

Game di pos 4 adalah Babi Buta. Setiap kelas akan bermain 4 ronde dengan anggota/perwakilan kelas yang berbeda pada tiap rondenya. Setiap ronde akan ada 8 sampai 10 siswa yang bermain dengan salah satunya menjadi pemimpin. Seluruh anggota kecuali pemimpinnya akan melewati rintangan-rintangan yang sudah disediakan menggunakan penutup mata. Tugas pemimpin adalah untuk mengarahkan dan memberikan instruksi kepada seluruh anggotanya sehingga para anggota dapat melewati rintangan dengan penutup mata sampai ke garis finish. 

Setelah istirahat kedua, dilaksanakan permainan terakhir, yaitu Tebak Gambar. Seluruh siswa kelas VII dan VIII akan dikumpulkan di lapangan basket SMP dan berbaris sesuai kelas masing-masing. Setiap kelas akan mengirimkan satu siswa sebagai perwakilan kelas ke depan. Perwakilan-perwakilan dari setiap kelas akan mendapatkan sebuah kata untuk di gambar secara bergantian. Urutan menggambar akan ditentukan melalui undian. Setiap perwakilan akan diberi waktu menggambar selama 2 menit. Jika misal perwakilan VIIA adalah urutan pertama yang sedang menggambar, maka kelas VIIA lah yang boleh menjawab selama 2 menit tersebut. Jika kelas VIIA tidak dapat menjawab, akan dilempar ke kelas manapun yang menyebutkan yel-yel kelas paling cepat. Untuk mendapatkan poin, kelas harus berhasil menyebutkan kata yang digambar oleh perwakilan kelasnya.

Pukul 11.30 permainan terakhir selesai, seluruh siswa diminta berkumpul di gedung serbaguna untuk melakukan evaluasi dan pengumuman pemenang dari kegiatan Grafio ini. Pada kegiatan ini, kelas VIII-B mendapatkan juara kedua dan kelas VIII-E mendapatkan juara pertama. Kedua juara tersebut mendapatkan hadiah berupa parcel snack serta alat dan perlengkapan menulis bagi pemenang juara pertama.

Kegiatan Grafio ini berjalan dengan lancar. Grafio merupakan aktivitas yang melibatkan seluruh anggota kelas dan menguji kerja sama masing-masing kelas. Semua siswa antusias mengikuti game di setiap pos. Mereka sangat bersemangat melakukan kompetisi antarkelas dan berjuang untuk mendapatkan yang terbaik. Selain itu, Grafio juga mengembangkan sikap jujur, adil, dan sportif dalam diri siswa, serta menjadi hiburan bagi siswa setelah melalui satu semester sekolah.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back