Pengalaman Berlomba Mobile Legends di Abdi Siswa Cup XIII

  • Posted: 2023-10-27
  • By: Matthew Dwyane Dwiartono IXD/29

ulan Agustus 2023, perwakilan dari tim esports SMP Santa Ursula BSD diumumkan akan mewakili sekolah di Abdi Siswa Cup XIII dalam ajang Mobile Legends yang diadakan Sekolah Abdi Siswa Patra. Perwakilan dari tim esports SMP Santa Ursula BSD adalah Marcio IX-A, Hosea IX-A, Jevan IX-A, Brenda IX-D, Matthew IX-D, dan Jouvin IX-E. Lomba tersebut berlangsung pada tanggal 22-29 September 2023.

Rabu, 20 September 2023 saya dan Marcio menghadiri technical meeting yang diadakan di Sekolah Abdi Siswa Patra pada pukul 13:00. Dalam acara tersebut, kami mendapatkan beberapa informasi tentang perlombaan yaitu jadwal lomba, aturan perlombaan, dan pembagian grup pertandingan. Kami diumumkan akan bertanding hari Sabtu, 23 September 2023 secara offline atau hadir ke Sekolah Abdi Siswa Patra.

Sabtu, 23 September 2023 kami akan menjalani babak grup dan hari Senin, 25 September sampai dengan Selasa, 26 September 2023 kami bertarung di babak gugur jika kami lolos dari babak grup. Ada 20 tim yang terbagi menjadi 4 grup, beberapa sekolah mengirim 2 perwakilan untuk sekolah mereka. Kami tergabung di grup B bersama dengan peserta dari SMP Abdi Siswa Patra A, SMP Notre Dame Jakarta A, SMP Abdi Siswa Aries B, dan SMP Notre Dame Jakarta B. Kami perlu mengamankan posisi 2 teratas untuk mendapat tiket agar lolos ke babak gugur.

Sabtu, 23 September 2023 pukul 13:45 saya bersama tim bertanding di fase grup. Kami bertanding secara online dari rumah masing-masing menggunakan aplikasi discord. Pertandingan pertama dimulai pada pukul 13:45. Setelah pulang dari kegiatan ekstrakurikuler, kami langsung pulang agar bisa mempersiapkan diri sebelum pertandingan dimulai. Pada saat pertandingan discord kami diwajibkan menyalakan kamera dan menyalakan mikrofon selama pertandingan berlangsung untuk mencegah kecurangan yang terjadi.

Setiap kemenangan yang kami peroleh akan menghasilkan 3 poin dan jika kalah kami tidak mendapatkan poin. Kemudian kami bertanding sebanyak 4 kali. Dalam pertandingan tersebut, kami berhasil memenangkan setiap pertandingan dan menjadi pemuncak klasemen. Oleh karena itu, kami berhasil mengamankan tempat di fase gugur. Setelah selesai bertanding pada hari itu, kami melakukan evaluasi tentang strategi yang akan kami terapkan di fase gugur dan mematangkan persiapan tim.

Senin, 25 September kami pergi ke Abdi Siswa Patra. Suasana cukup ramai dan banyak stand makanan di sana. Banyak juga lomba lain yang sedang berlangsung seperti basket, futsal, modern dance, dsb. Kami bertanding di perempat final melawan peserta dari SMPK Sang Timur Tomang. Hal ini menjadi masalah bagi kami karena tim lain sudah mendapat pengalaman bertanding secara langsung pada saat fase grup. Namun, bagi kami hal ini menjadi pengalaman pertama mengikuti pertandingan secara langsung dalam Abdi Siswa Cup. Sebelum pertandingan ini berlangsung, kami merasa sangat gugup. Dalam pertandingan ini, kami berhasil menang secara mudah dengan skor 2-0. Kami merasa sangat senang karena bisa mendapat kemenangan tanpa balas.

Sebelum melanjutkan ke pertandingan selanjutnya, kami diberi evaluasi dari coach David selaku pendamping dan pelatih esport di sekolah kami. Coach David mengevaluasi tentang kesalahan kami dalam bermain dan memberi persiapan sebelum kami bertanding di semifinal. Kemudian, di hari yang sama kami harus memperebutkan tiket final melawan SMA Tarsisius II. Namun, kami kalah dengan skor 0-2. Hal itu dikarenakan,  mereka lebih dewasa dari segi mental dan fisik. Hal ini juga membuktikan bahwa kami masih jauh dari kata sempurna. Kami juga mengalami masalah internal, dimana ada perbedaan pendapat di antara tim esport SMP Santa Ursula BSD. Kami bermain dengan sangat buruk dan banyak miskomunikasi yang terjadi. Pada malam di hari yang sama kami melakukan evaluasi dan penguatan dari Coach David untuk persiapan perebutan juara 3 yang akan kami laksanakan besok harinya.

Selasa, 26 September 2023 kami menuju Abdi Siswa Patra untuk memperebutkan juara III. Semangat kami pada saat itu sangat membara. Suasana di Abdi Siswa Patra sangat ramai, banyak peserta yang datang dari berbagai sekolah untuk bertanding di lomba tersebut. Sebelum kami bertanding, kami makan terlebih dahulu untuk mengisi tenaga. Kami mengubah susunan pemain dengan memainkan Marcio menggantikan Brenda untuk melawan peserta dari SMA Santo Leo. Pertandingan tersebut berjalan sesuai yang kami harapkan. Kami bermain dengan rapi dan berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 2-0. Oleh karena itu, kami berhasil mendapat juara III.

 

Kami bersyukur karena sudah diberi kesempatan untuk bertanding dan membawa nama sekolah. Meskipun mendapatkan juara III, kami tetap bersyukur karena bisa mendapat pengalaman ini. Awalnya kami berpikir di lomba ini hanya akan mendapatkan nilai kerja sama dalam tim. Akan tetapi, pada kenyataannya kami belajar banyak nilai-nilai yang sangat berharga diantaranya nilai daya juang, kerja sama, disiplin, dan penghargaan. Banyak kejadian yang menguji kekompakan kami dalam bekerja sama. Ada juga masalah internal yang terjadi selama kami bertanding, tetapi dapat diselesaikan bersama-sama sebagai satu tim. Kami belajar untuk menghargai musuh yang menjadi lawan. Saya berharap jika kami diberi kesempatan untuk bertanding lagi kami akan mencoba untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 167
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back