Upacara Bendera 17 Agustus 2019

  • Posted: 2019-08-19
  • By: admin

Sabtu, 17 Agustus 2019, Komunitas Santa Ursula BSD melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT ke 74 Republik Indonesia.

Pada pidatonya Bpk. Alexander Prabu selaku Pembina Upacara menyampaikan, 

Tujuh puluh empat tahun setelah proklamasi, jiwa kebangsaan dirasa semakin memudar. Hal ini dapat dilihat adanya konflik bernuansa sara, diskriminasi, kebencian dan intoleransi yang hampir setiap hari kita saksikan diberbagai media.

Republik Indonesia sering disebut sebagai “Republik Media Sosial” dengan peringkat teratas di beragam media sosial global, sepert Facebook, Twitter, dan Instagram. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini sebenarnya menjanjikan pergeseran yang sangat cepat dan bahkan mengejutkan atau sering disebut “disrupsi”.

Kemajuan yang dicapai saat ini menyebabkan perubahan dalam masyarakat, seperti inovasi percepatan rantai ekonomi maupun kemudahan dan kebebasan berekspresi. Namun kehadiran teknologi informasi dan komunikasi juga menunjukkan adanya beragam tantangan dalam memaknai kembali nasionalisme. Mengapa? Karena media sosial, membelah masyarakan terkotak-kotak dalam identitas suku, agama, dan antar golongan yang seringkali memberikan ruang untuk saling menyebarkan ujaran kebencian. Gernerasi muda rentan terhadap situasi ini.

Nasionalisme di era digital harus dimanfaatkan sebagai media inovasi ekonomi kreatif (starup unicorn : Gojek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak), mengkampanyekan isu-isu lingkungan layak huni, pangan sehat, energi bersih dan keberagaman.

Mari kita mamaknai kembali rasa cinta kita terhadap bangsa dan negara di era digital. Merawat kebangsaan Indonesia yang multikultural dan memanfaatkan inovasi teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun cita-cita masa depan di tengah pusaran global.

Siapa Kita? Kita Indonesia!

 

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back