SUMPAH PEMUDA DALAM MASA PANDEMI

  • Posted: 2020-12-01
  • By: Kayla Zahrah Gandi 9C/25

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati pada tanggal 28 Oktober adalah hari yang sangat penting bagi pemuda-pemudi Bangsa Indonesia. Di hari itulah pemuda-pemudi Indonesia memunculkan kembali semangat berbangsa, berbahasa, dan tanah air yang satu yaitu Indonesia. Hari Sumpah  Pemuda berawal dari Kongres Pemuda II yang dilangsungkan selama dua hari yaitu tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia. Kongres ini dilakukan di dua Gedung, hari pertama dilaksanakan di Gedung Katholikee Jongelingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik dan hari kedua dilaksanakan di Gedung Oost Java (sekarang di Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat). Kongres Pemuda II ini memiliki satu tujuan utama yaitu memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia. 

Konggres Pemuda kedua menghasilkan Sumpah Pemuda. Sumpah  Pemuda memiliki tiga bunyi, yaitu “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia”, “Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia”, dan “ Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Menurut Azyumardi Azra, Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah bangsa Indonesia dalam mengawali kesadaran kebangsaan. Peristiwa bersejarah mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan bahwa perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia dapat disatukan dengan wujud Bhinneka Tunggal Ika.

Berhubung dengan adanya penyebaran virus Covid-19, SMP Santa Ursula BSD tidak dapat menyelenggarakan upacara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Maka dari itu, BP OSIS Santa Ursula BSD membuat program untuk membantu pemuda-pemudi Indonesia mengingat kembali nilai-nilai Sumpah Pemuda dan kaitannya dengan jaman sekarang. Bentuknya adalah Podcast yang berdurasi 15 menit. Podcast yang diberi nama “Sanurians’ POV : Sumpah Pemuda di Jaman Sekarang” ini sangat bermanfaat dan seru untuk didengarkan. Selain topiknya yang seru, podcast ini menggunakan bahasa yang santai sehingga nyaman untuk didengarkan, terutama oleh anak muda. Sanurians’ POV dapat didengarkan di aplikasi Anchor atau melalui link berikut : https://anchor.fm/osis-sanurbsd-2020/episodes/Sanurians-POV--Sumpah-Pemuda-Edition-ell745

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back