Gelorakan Semangat Antikorupsi

  • Posted: 2020-12-09
  • By: TimLiterasi_SMP_Sanurbsd

Hallo kawan-kawan muda, pernahkah kalian mendengar atau mengetahui sebuah slogan yang berbunyi “Berani Jujur Hebat!”? Iya betul, slogan ini banyak digaungkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau yang lebih kita kenal dengan sebutan KPK. Slogan ini bukan sekadar slogan, namun lebih dari itu. Slogan ini merupakan perwujudan komitmen seluruh negara yang tergabung dalam PBB untuk bersama-sama memiliki sikap dan melakukan tindakan anti korupsi. 

Fakta menunjukkan bahwa hingga hari ini korupsi menjadi problem besar bagi bangsa Indonesia dan juga negara-negara di seluruh dunia. Oleh karena itu, negara-negara di dunia yang bergabung sebagai anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sepakat untuk melaksanakan sebuah Konvensi Anti korupsi atau dikenal dengan istilah United Nations Convention Against Corruption. Konvensi ini ditandatangani di Merdia, Meksiko pada tanggal 9 Desember 2003. Berawal dari inilah maka setiap tanggal 9 Desember selalu diperingati sebagai hari Antikorupsi Sedunia.

Korupsi sebagai sebuah tindakan tidak terpuji tidak hanya rawan terjadi di instansi pemerintahan maupun negara. Korupsi juga rawan terjadi di lingkungan sekolah. Pernahkah kalian mendapati perilaku yang tidak jujur, menyontek, perbuatan curang, memberi gratifikasi, maupun mark up dan manipulasi nilai? 

Di masa pandemi ini, pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Minimnya pertemuan tatap muka secara fisik semakin meningkatkan kerawanan perilaku korupsi dalam kegiatan pembelajaran. Perilaku ini rawan terjadi karena berkurangnya pengawasan secara langsung oleh guru kepada peserta didik. Tak jarang kita mendengar ada peserta didik yang mencoba berbuat curang, menyontek, dan tidak jujur demi mengejar pencapaian nilai angka tertentu, atau predikat lulus. Dalam keseharian PJJ, khususnya saat jumpa virtual, tidak jarang juga kita menemui peserta didik yang tidak menyalakan mic, tidak menyalakan kamera, ataupun tidak mengumpulkan tugas dengan alasan akses internet buruk, atau  perangkat rusak. Namun, apakah benar yang terjadi sungguh-sungguh demikian? Jika tidak, itu adalah contoh perilaku koruptif. Contoh-contoh perilaku koruptif di atas dalam jangka pendek maupun jangka panjang akan merugikan diri sendiri dan semakin banyak orang.  

Menghadapai fenomena korupsi di tanah air, sudah layak dan sepantasnya kita ikut terlibat dalam gerakan global antikorupsi. Kita perlu meningkatkan kepedulian untuk melawan perilaku-perilaku koruptif di sekitar kita. Bahkan dalam lingkup yang paling dekat dengan kita. Seperti slogan dari KPK, ”Berani Jujur Hebat!”, sudahkah kita sungguh-sungguh mengamalkan nilai-nilai kejujuran dalam sikap dan tindakan keseharian di sekolah selama PJJ?

Betul sekali, bahwasannya sikap jujur di lingkungan sekolah dapat diawali melalui tindakan-tindakan sederhana. Perilaku anti korupsi yang dapat kita kembangkan diantaranya dengan bersedia bersikap terbuka, transparan, bertanggung jawab, memiliki integritas pribadi, menghormati orang lain, peduli pada orang lain, dan mau bekerja keras. Sebagai pembelajar kita juga perlu mengembangkan sikap menghargai karya orang lain dengan menghindari plagiarisme. Hasil belajar yang baik dalam bentuk nilai dapat terwujud melalui kerja keras dan tanggung jawab dalam belajar. Oleh sebab itu, ayo kita jauhi sikap-sikap yang ingin mendapatkan hasil baik secara instan, tapi dengan cara-cara yang curang. 

 

Mulai sekarang, ayo gelorakan semangat Antikorupsi di lingkungan sekolah kita, agar semakin banyak anak muda yang peduli pada masa depan bangsa kita yang bebas dari korupsi. Selamat memperingati Hari Antikorupsi Sedunia. 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back