Cairan Ajaib Ramah Lingkungan

  • Posted: 2021-02-17
  • By: Farrel Justyn Ariowibowo, Jennifer Yohanna Hutauru

Halo pembaca! Perkenalkan kami dari Seksi Pembantu Umum OSIS SMP Santa Ursula BSD. Kalian tahu tidak apa itu Eco Enzyme? Bagi yang belum tahu, Eco Enzyme merupakan hasil dari fermentasi limbah dapur organik. Eco Enzyme sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang ada di rumah seperti gula merah, kulit buah, sayur, serta air. Manfaat dari Eco Enzyme pun sangat banyak, yaitu sebagai pembersih rumah tangga, insektisida, antiseptik, pupuk, obat penyakit luar, dan masih banyak lagi.

 Berdasarkan pemaparan manfaat Eco Enzyme tersebut, kami merasa bahwa Eco Enzyme perlu diketahui oleh peserta didik SMP Santa Ursula BSD. Hal ini juga mengingat bahwa bahan-bahan yang diperlukan untuk proses fermentasi Eco Enzyme sangat mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Manfaat yang dihasilkan juga akan sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Sebagai wujudnya, kami tergerak untuk memberikan informasi ini kepada peserta didik SMP Santa Ursula BSD melalui narasumber yang bernama Ibu Salmah, S.Si, S.Pd. dari tim Eco Enzyme yang kami undang dalam sebuah webinar yang dilaksanakan pada hari Senin, 16 November 2020 yang lalu.

Dalam proses kerja sama kami dengan tim Eco Enzyme, kami belajar tentang cara berkomunikasi yang baik, terbuka, dan gesit dalam memberikan informasi maupun dalam bertindak. Kami juga belajar untuk menjalin relasi yang baik dengan pihak yang berada di luar sekolah Santa Ursula BSD dan membuat jaringan baru melalui kegiatan ini yang memiliki tujuan yang sama dengan tujuan OSIS SMP Santa Ursula BSD Tahun Ajaran 2020.

Para peserta yang mengikuti webinar tersebut terlihat cukup antusias dalam menyimak apa yang dijelaskan oleh narasumber kami mengenai Eco Enzyme ini. Kami sendiri pun selaku panitia juga sangat terpukau dengan kehebatan Eco Enzyme ini dan sangat senang dapat berbagi kepada keluarga besar Santa Ursula BSD. Dikatakan pula oleh narasumber bahwa dengan membuat Eco Enzyme, kami sudah membantu bumi agar tetap terawat. Dengan begitu, yuk jaga kelereng biru rumah kita dengan membuat dan menggunakan Eco Enzyme!

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back