Parenting SD Santa Ursula BSD

  • Posted: 2019-09-21
  • By: Antonius Yanto

Melakukan pendampingan perkembangan peserta didik untuk tumbuh menjadi manusia utuh, cerdas, dan melayani adalah arah dan pola pendidikan di Santa Ursula BSD.  Untuk mewujudkan visi tersebut, sekolah Santa Ursula BSD harus memiliki strong leadership yang kuat untuk mendorong seluruh komponen bekerja optimal di bidangnya masing-masing. Konsistensi pada tujuan mengembangkan peserta didik melalui visi yang sudah dibangun sangat diperlukan.

 

Keberhasilan pendidikan jelas bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah. Secara umum masyarakat memahami bahwa orang tua memiliki peran lebih besar dalam mendidik dan mengembangkan anaknya. Pengaruh utama terhadap pembentukan kepribadian anak ada di tangan orang tua. Merekalah yang memiliki tanggung jawab dan kuasa untuk membentuk dan mendidik anak. Mereka memiliki kekuasaan untuk menentukan output pendidikan anaknya.

 

Disadari atau tidak, pengalihan kuasa pendidikan dari orang tua kepada sekolah terjadi karena keterbatasan ruang, kemampuan, teknik, dan tanggung jawab pendidikan. Namun, pelimpahan tersebut tidak berarti pengambilalihan tanggung jawab orang tua oleh sekolah. Sekolah bukan lembaga “penitipan” anak sehingga proses pendidikan diserahkan semua kepada pihak kedua, yakni sekolah. Sekolah Santa Ursula BSD menyadari hal ini. Oleh sebab itu membangun relasi dengan orang tua sangat penting. Sekolah dan orang tua harus secara aktif ikut terlibat dalam proses pendidikan anak sesuai kapasitas, batasan dan ranah masing – masing. Kesearahan gerak kedua belah pihak perlu dibangun. Oleh sebab itu sangatlah penting jika parenting process dilakukan secara berkesinambungan.

 

Dalam meningkatkan layanan pendidikan peran orang tua sangat menentukan. Oleh sebab itu,  untuk mewujudkan kesearahan gerak dan pola pendidikan, SD Santa Ursula BSD merangkul lembaga pendidikan Selamat Pagi Indonesia. Sekolah Selamat Pagi Indonesia adalah salah satu  SMA yang berada di Batu, Jawa Timur yang didirikan oleh Bpk. Eko Julianto Putra dan merupakan sekolah gratis untuk anak tidak mampu dan yatim piatu serta terpinggirkan. SMA Selamat pagi Indonesia berhasil membentuk para siswa menjadi pribadi yang mandiri. Ini adalah salah satu alasan mengapa SD Santa Ursula BSD menjadikannya partner dalam melakukan parenting education.  Parenting ini diikuti oleh sekitar 360 orang tua siswa  kelas IV, V, dan VI yang terbagi menjadi tiga gelombang.

 

Bpk. Agus setyadi,  pembicara utama dalam parenting menuturkan bahwa keberhasilan pendidikan seorang ditentukan dari pola pikir orang tuanya. Orang tua yang notabene adalah orang tua “jadul” harus mampu mentransformasi diri menjadi orang tua di masa sekarang. Orang tua yang ingin menjadi sahabat, teman, ataupun kawan curhat anaknya harus menyadari beberapa hal. Pertama, jadilah orang tua yang sadar (person present). Orang tua perlu menyadari bahwa zaman telah berubah. Orang tua perlu tahu dan memahami apa yang disukai oleh anak. Dari pemahaman tersebut, orang tua akan lebih mudah masuk dalam dunianya anak. Sudah tidak zamannya lagi orang tua memaksakan kehendaknya pada anak. Kedua, jadilah best friend untuk anaknya. Orang tua perlu memahami dan mengetahui hal – hal yang sedang viral (ngetrend) saat ini sehingga anak akan tertarik untuk menggali informasi dari orang tua daripada sumber lain. Ketiga, jadilah consultant bagi anak. Menjadi sumber informasi mengenai pendidikan, kehidupan, karir, bisnis, pernikahan bagi anak adalah pilihan tepat untuk membangun kedekatan. Keempat, menjadi detective. Orang tua yang bijak, mereka akan selalu mencari tahu apa yang dilakukan dan yang terjadi pada anak. Antisipasi terhadap sebuah tindakan anak akan bisa dilakukan bila orang tua mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh anak. Kelima, menjadi role model. Orang tua adalah panutan bagi anak – anak. Maka dari itu, orang tua harus hati – hati memilih tindakan agar tidak memberi contoh yang kurang baik bagi anak.

 

Pendidikan adalah tanggung jawab bersama.  Perlu kesadaran bersama bagi proses pendidikan dan perkembangan anak. Semoga kegiatan parenting ini mampu memambah kemampuan dan ketrampilan orang tua dalam  menjalani pengasuhan anak.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail_unit.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail_unit.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 111
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 166
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back