Belajar Berwirausaha dari Kak Irvan Christian

  • Posted: 2021-09-10
  • By: Airis Gunawan

Irvan Christian, atau yang kerap kali dipanggil Irvan adalah seorang wirausahawan sukses yang merupakan alumni SMP Santa Ursula BSD. Ia kini menjadi manajer di bisnis laundry, yakni Love Laundry.

Kak Irvan bercerita bahwa ia dulu bukanlah seorang murid unggulan, bahkan pernah dua kali tidak naik kelas. Hal itulah yang menyebabkan ia terpaksa di-drop out dari SMP Santa Ursula BSD ketika dirinya baru menyelesaikan tahun ke-duanya.

Kak Irvan kemudian memutuskan untuk pindah ke sekolah swasta lain di Tangerang. Pergaulan di sana menurutnya sangat kacau, antara lain ditandai dengan penggunaan dan penyebaran obat-obatan terlarang yang begitu bebas. Kondisi di sekolah baru, ditambah dengan kondisi Kak Irvan sendiri yang tidak bersemangat belajar, membuatnya hanya bertahan selama 3 bulan di sana.

Relasi kedua orang tua yang tidak rukun, bahkan sering bertengkar, menjadi salah satu faktor terbesar yang membuat Kak Irvan kurang bersemangat menjalankan pendidikannya selama bersekolah. Bahkan Kak Irvan sempat kabur dari rumah dan tinggal sementara bersama pamannya yang hanya terpaut umur tujuh tahun darinya.

Ketika berumur 15 tahun, Kak Irvan mulai bekerja menjadi karyawan jasa laundry dari tawaran yang ia temukan di Warta Monika, lembar berita mingguan dari Gereja Santa Monika BSD. Selang satu tahun kemudian ia menjaga sebuah warung internet selama satu setengah tahun. Lama kelamaan Kak Irvan mulai ragu akan masa depannya, sehingga memutuskan untuk kembali bersekolah dan mengambil paket C.

Namun, sekolah tak membuatnya berhenti mencari uang. Kak Irvan kembali melanjutkan bekerja, kali ini di Bank Permata selama satu tahun, lalu berpindah ke Bank Maybank selama satu setengah tahun. Meskipun begitu, gaji UMR (Upah Minimum Provinsi) yang ia terima selama satu tahun hanya naik sebanyak Rp100.000,00. Ini menyebabkan Kak Irvan tak juga tenang akan masa depannya.

Saat itu, ada sebuah ruko laundry di sebelah rumah paman Kak Irvan yang sedang mencari pemilik baru. Setelah berpikir matang-matang dan mempertimbangkan jumlah tabungan yang ia miliki, Kak Irvan memutuskan untuk mengambil alih ruko itu dan melanjutkan bisnis laundry tersebut.  Nama "Love Laundry" yang berasal dari si pemilik lama, tetap ia gunakan. Seiring keadaan keluarganya yang semakin membaik, sang ibu pun ikut membantu Kak Irvan dalam mengatur bisnis laundrynya.

Selama menjadi seorang wirausahawan, Kak Irvan tentunya pernah berhadapan dengan berbagai tantangan yang tak mudah untuk dilewati. Bertolak dari pengalaman berwirausaha sekian lama, Kak Irvan menyampaikan sejumlah pesan, seperti; jika ingin menjadi wirausahawan harus gerak cepat agar tidak keduluan orang lain; harus bisa menjadi manajer yang bijak tapi juga tegas terhadap para karyawannya.

Selain itu, seorang wirausahawan harus pandai dalam mengolah sumber daya manusia; juga harus bisa mengatur mental dan sabar dalam melayani pelanggan. Untuk meminimalkan penggunaan biaya produksi, Kak Irvan Ia juga mencoba membuat sabun sendiri. Ini juga merupakan salah satu strategi dalam berwirausaha.

Bisnis laundry yang dijalani Kak Irvan selama bertahun-tahun pastinya bukan tanpa pasang dan surut. Kak Irvan juga mengakui bahwa usahanya pun mengalami dampak pandemi virus Covid-19 dalam bentuk berkurangnya pelanggan. Rencana Kak Irvan untuk memulai bisnis EO (Event Organizer) pun harus tertunda lantaran pandemi.

Bagi Kak Irvan, dukungan keluarga sangat berperan penting dalam kemajuan dirinya. Ia berpesan, jika kita memiliki keluarga yang harmonis dan berkecukupan, maka sudah sepantasnya kita bersyukur dan menikmatinya.

Kak Irvan juga mengatakan bahwa ia sangat merekomendasikan para peserta sharing untuk mencoba menjadi seorang wirausahawan. Dibandingkan dengan bekerja untuk orang lain, pastinya bekerja untuk perusahaan sendiri akan lebih menyenangkan.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back