Pengalaman Seven Habits

  • Posted: 2021-10-11
  • By: Gavriella Esther Tiurmaida Harefa / VIIB

Selama tiga hari 23-25 September 2021 yang lalu, saya mengikuti Pelatihan Seven Habits bersama teman-teman kelas tujuh lainnya. Pada hari pertama, kami disambut dengan ceria oleh Ibu Firda, fasilitator kelas VIIB. Setelah berkenalan, Ibu Firda membuka slides dan memulai materi pertama Pelatihan Seven Habits. Pada hari pertama, kami belajar tentang The Man in The Mirror, Personal Bank Account, Perbedaan Proaktif dan Reaktif serta To Be a Transition Person.

Hari selanjutnya, saya belajar memahami Begin With The End in Mind, Think Win-win dan untuk selalu Put First Things First. Saya juga belajar tentang Relationship Bank Account. Selain itu, saya mengerjakan The Great Discovery yang terdiri dari beberapa pertanyaan tentang diri kita. Saya  menyukai mengerjakan Great Discovery ini karena saya merasa mengenal diri sendiri lebih baik.

Hari ketiga adalah hari terakhir untuk Pelatihan Seven Habits kami. Setelah berbincang-bincang sejenak, Bu Firda memulai materi hari itu dengan menjelaskan habit kelima yaitu To Seek First to Understand Then To Be Understood atau mengertilah dulu sebelum dimengerti. Kami juga belajar habit keenam dan ketujuh yaitu Synergize yaitu kebiasaan kerja sama kreatif berdasarkan prinsip ‘menghargai perbedaan’. Selain itu, kami belajar ‘mencari alternatif ketiga’ serta Sharpen the Saw yaitu kebiasaan berhenti sejenak untuk merawat tubuh, otak, hati, dan jiwa.

Pada awalnya, saya berpikir bahwa Pelatihan Seven Habits ini akan sangat membosankan, tetapi karena ada Ibu-ibu fasilitor yang sangat ramah, asyik, dan selalu tersenyum, hal yang paling membosankan menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dipelajari. Dari semua materi dan aktivitas yang saya simak dan lakukan, satu yang paling berkesan untuk saya adalah saat saya mengisi The Great Discovery dan saat saya belajar tentang habit pertama, be Proactive. Meskipun hanya berlangsung selama tiga hari, Pelatihan Seven Habits telah menjadi salah satu pengalaman terbaikku. Saya senang mempelajari tujuh kebiasaan yaitu satu; be proactive, dua; begin with the end in mind, tiga; put first things first, empat;  think win win, lima; seek first to understand then to be understood, enam; synergize dan tujuh; sharpen the saw. Saya juga berharap bisa menerapkan ketujuh kebiasaan ini dalam kehidupan sehari-hari. Saya juga sangat senang bisa bertemu dengan Ibu-ibu fasilitor. Pelatihan Seven Habits adalah pengalaman yang sangat seru dan menyenangkan bagi saya dan sesuatu yang jika bisa, akan saya ikuti lagi.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back