Mengenal Minuman Isotonik Melalui Kegiatan Jalan-jalan Virtual

  • Posted: 2022-01-25
  • By: Skolastika Letishia Riyanti Prita Dewi

Pada hari Rabu 8 Desember 2021 lalu, saya, para guru, dan teman-teman kelas VII pergi jalan-jalan virtual ke suatu tempat. Tetapi, sebelum jalan-jalan virtual dimulai, saya dan teman-teman semua melakukan suatu kegiatan yang sangat seru!

Kegiatan pertama dilakukan dengan kelompok yang sebelumnya sudah dibagi. Kami seperti menjadi detektif untuk mengetahui suatu penyakit/virus/bakteri dari kasus-kasus yang ada di dalam suatu website. Setelah selesai, semua kelompok bergabung dalam kelas masing-masing, dan menceritakan bagaimana cara setiap kelompok menyelesaikan kasus-kasus yang dibicarakan.

Kegiatan kedua juga bersama kelompok. Setiap kelompok melakukan riset online mengenai minuman isotonik. Saya, kelompok saya, dan pastinya kelompok lainnya mendapat banyak informasi tentang minuman isotonik seperti manfaat dan kandungannya. Baru kegiatan pertama dan kedua saja sudah sangat seru, karena dapat berdiskusi dan bercanda-canda dengan teman di dalam kelompok!

Tidak kalah seru dengan kegiatan pertama dan kedua, pada kegiatan ketiga, saya dengan semua teman dan guru pergi ke salah satu pabrik yang memproduksi minuman isotonik yaitu Pocari Sweat yaitu PT Amerta Indah Otsuka, di Sukabumi, Jawa Barat. Saya serta semua teman dan guru disambut seorang yang bernama Kakak Idah sebagai pembawa acara. Beliau menjelaskan proses produksi Pocari Sweat dari tahap pembuatan cairannya, botol, pengisian, pengecekan, sampai tahap botol-botol yang sudah terisi tersebut siap diantar, juga manfaat minuman isotonik terutama Pocari Sweat.

Ternyata, dalam memproduksi suatu produk harus benar-benar diperhatikan kualitas isi dan kemasan, sehingga cukup rumit. Pada kesempatan ini Kak Idah dibantu oleh dua orang anggota tim. Salah satunya mengajak kami semua berkeliling di pabrik milik PT Amerta Indah Otsuka, yang memproduksi Pocari Sweat. Sedangkan satu orang lainnya membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan pada sesi tanya jawab.

Saya merasa senang sekali saat mengalami kegiatan jalan-jalan virtual ini. Salah satu alasannya karena ini pertama kalinya saya jalan-jalan virtual dengan teman-teman dan para guru di SMP Santa Ursula BSD! Acara jalan-jalan virtual ini sangat mengasyikkan dan super menyenangkan! Penjelasan yang diberikan bermanfaat dan tidak membosankan.

Akan tetapi tentu saja, karena masih dalam situasi pandemi covid-19, jalan-jalan mengelilingi pabrik kali ini hanya dilakukan secara online. Sempat muncul perasaan sedih, karena kami tidak dapat melihat secara langsung. Saya ingin cepat-cepat pergi lagi secara offline melihat tempatnya yang menarik.

Dari kegiatan selama satu hari itu ada pelajaran/nilai-nilai yang dapat diperoleh juga, yaitu

1.      Kerja sama

Saya dapat belajar bekerja sama untuk menyelesaikan suatu kasus dan mendiskusikannya sehingga mendapat hasil dari berbagai macam pendapat. Dalam kegiatan pertama dan kedua nilai tersebut terlihat jelas, karena memang dilakukan secara berkelompok.

2.      Pantang menyerah

Saat menyelesaikan suatu kasus pada kegiatan pertama saya dapat belajar untuk pantang menyerah sampai mendapat jawaban/kesimpulannya. Jika bingung, saya coba baca lagi data-data mengenai kasusnya dan berdiskusi dengan teman tanpa ada rasa menyerah.

3.      Lebih berani

Dalam kelompok pastinya saat berdiskusi dapat berani mengemukakan pendapat masing-masing. Saat kegiatan ketiga pada sesi tanya jawab pun dapat berani menanyakan hal yang sebelumnya saya belum ketahui. Sehingga saat mengungkapkan atau menanyakan suatu hal saya dapat mencoba lebih berani.

4.      Menghargai

Saat mendengarkan orang yang sedang bicara, otomatis saya sudah belajar untuk menghargai orang lain dari hal kecil. Bukan hanya mendengarkan, tetapi juga tidak memotong pembicaraan serta (dalam keadaan daring) tetap menyalakan kamera dan hadir di sana. Jika kita menghargai orang lain, mereka juga akan menghargai kita, contohnya saat berbicara balik akan didengarkan dan akan ditanggapi.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back