Mengisi Pandemi dengan Prestasi (Tingkat Nasional)

  • Posted: 2022-03-15
  • By: Siona Aviella

MENGIKUTI KOMPETISI LITERASI DAN NUMERASI

Hai, perkenalkan nama saya Siona Aviella dari kelas 8C SMP Santa Ursula BSD. Saya hendak menceritakan pengalaman saya ketika mengikuti Kompetisi Literasi dan Numerasi Tingkat Nasional. Kompetisi ini diselenggarakan oleh PesonaEdu, pada bulan Agustus 2021. Saat itu saya berkompetisi dalam kategori kelas 7, sesuai jenjang kelas saya pada saat itu.

Kompetisi tersebut merupakan kompetisi penguasaan literasi dan numerasi yang tidak terbatas pada mata pelajaran tertentu. Jenis soal-soalnya mengacu kepada standar AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang bersifat HOTS (High Order Thinking Skill). Karena berlangsung dalam situasi pandemi, kompetisi ini diselenggarakan secara daring (online), meliputi tiga babak atau tahapan, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final.

Sebagai kompetisi tingkat nasional, jumlah peserta yang mengikuti kompetisi ini cukup banyak dan merupakan perwakilan sekolah dari berbagai daerah di Indonesia. Selain dari SMP Santa Ursula BSD, peserta kompetisi juga datang dari SMP Labschool Jakarta, SMP Kolese Kanisius Jakarta, SMPK Penabur Jakarta, SMPN dari Jakarta, Bandung, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Adapun ketentuan jumlah peserta yang masuk ke babak semifinal adalah 300 peserta dengan nilai tertinggi. Jumlah peserta yang masuk ke babak final adalah 50 peserta dengan nilai tertinggi. Pada akhirnya, hanya dipilih 6 peserta dengan nilai tertinggi sebagai pemenang.  Jadi, untuk bisa lolos ke babak final dan meraih juara, peserta menghadapi persaingan yang cukup ketat.

Sebelumnya saya tidak pernah mengikuti kompetisi literasi dan numerasi. Bahkan semasa SD, saya belum pernah mendengar tentang soal-soal literasi dan numerasi. Ini membuat saya merasa penasaran dan memutuskan untuk mengikuti kompetisi ini. Untuk partisipasi yang merupakan pengalaman pertama ini, saya mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Saya berlatih soal-soal tentang literasi dan numerasi di internet dan simulasi yang diberikan oleh PesonaEdu. 

Soal-soal yang kami hadapi baik di babak penyisihan maupun semifinal, menurut saya cukup sulit. Soal-soal di bagian numerasi khususnya, membutuhkan analisis yang tepat serta ketelitian. Dari 22 siswa kelas 7 SMP Santa Ursula BSD yang menjadi peserta kompetisi ini, terdapat 14 siswa yang berhasil lolos ke babak semifinal. Dari jumlah tersebut, 3 orang di antaranya melaju ke babak final. Saya sangat bersyukur dapat melewati babak penyisihan dan semifinal dengan baik.

Saat di babak final, saya sempat merasa sedikit gugup dan takut tidak bisa mengerjakan karena tingkat kesulitan soal-soalnya lebih tinggi lagi. Selain itu, ada penambahan jenis soal baru seperti respon audio dan video. Akan tetapi saya berusaha untuk tetap tenang dan fokus dalam mengerjakan.

Pada hari pengumuman, saya menunggu informasi hasil kompetisi dengan perasaan sedikit tegang. Ketika akhirnya nama pemenang diumumkan, saya sempat merasa terkejut karena tidak menyangka bahwa saya mendapat juara harapan 1. Tentu saja saya bersyukur kepada Tuhan atas penyertaan-Nya selama saya mengikuti kompetisi ini. Selain itu, sebagai perwakilan dari sekolah, saya merasa sangat senang karena dapat mempersembahkan prestasi ini untuk SMP Santa Ursula BSD.

Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kompetisi ini karena saya mendapatkan pengalaman baru. Kompetisi ini melatih saya untuk menguasai soal-soal literasi dan numerasi yang bersifat HOTS, sekaligus melatih daya kritis dan analitis saya. Selain itu hasil yang saya capai dari kompetisi ini pun menambah deretan prestasi yang pernah saya raih.

Dengan mengikuti kompetisi ini saya juga mendapatkan beberapa nilai hidup yaitu bahwa sesulit apapun masalah yang dihadapi, misalnya ketika menghadapi soal-soal yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi, saya tidak menyerah. Saya tetap berusaha semaksimal mungkin, tetap fokus, dan tidak lupa mengandalkan Tuhan.

Saya merasa belum puas dengan hasil yang saya dapatkan dari kompetisi ini. Jika nanti ada kesempatan, saya akan berusaha jauh lebih baik lagi. Saya pun mendorong teman-teman untuk mengikuti kompetisi seperti ini. Menurut saya ini bagus dan penting, karena di zaman sekarang para pelajar dituntut untuk dapat berpikir sistematis, analitis, dan kritis.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back