KELUAR DARI ZONA NYAMAN DENGAN MENGIKUTI KEGIATAN FISIK DAN MENTAL

  • Posted: 2023-01-17
  • By: Fayola Andrina Wijaya VIII - B/13

Kamis, 22 September 2022 diadakan acara Pelatihan Fisik dan Mental oleh SMP Santa Ursula BSD. Acara Pelatihan Fisik dan Mental ini diadakan di Arhanud Serpong. Tahun ini adalah tahun ketiga SMP Santa Ursula BSD mengadakan Pelatihan Fisik dan Mental di Arhanud. Sebelum dilakukan di Batalyon ARHANUD 1 KOSTRAD Serpong, kegiatan ini dilakukan di Dodiklatpur RINDAM JAYA.

Kegiatan Fisik dan Mental ini diadakan untuk mengembangkan fisik dan mental siswa-siswi agar para siswa dapat tumbuh menjadi murid dengan kepribadian yang tangguh dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan hidup. Siswa-siswi diajarkan tentang Peraturan Baris-Berbaris (PBB). Selain itu, siswa-siswi juga diajarkan untuk menjadi orang yang disiplin, bersyukur dengan apa yang kita miliki, dan tidak membuang-buang makanan.

Pelatihan Fisik dan Mental ini bertujuan agar siswa-siswi mampu mengukur batas kemampuannya sehingga tidak memaksakan diri. Seperti sikap untuk pantang menyerah dalam menghadapi setiap tantangan. Kegiatan ini mengajak peserta didik untuk keluar dari zona nyaman, rasa takut, dan batasan-batasan pemikirannya serta adanya kerja sama tim dan rasa kepedulian kepada sesama. Jika satu orang melakukan kesalahan, tentu diberi sanksi. Namun sanksi ini bukan hanya diterapkan pada satu orang namun seluruh anggota pleton.

Di pagi hari Kamis, 22 September 2022 semua peserta didik kelas VIII telah berkumpul dalam tiga baris  di lapangan sekolah SMP Santa Ursula BSD sesuai kelas masing-masing. Barisan-barisan tersebut lalu dibagi dan dimasukkan dalam 4 pleton. Isi setiap pleton tentu berbeda-beda, jadi peserta didik dapat mengenal murid dari kelas lain. Setelah pleton sudah dibuat, kami masuk dalam truk yang disebut ‘Truck REO’. Setiap truk mampu membawa kurang lebih 27 murid. Perjalanan dari sekolah Santa Ursula BSD menuju Batalyon ARHANUD 1 KOSTRAD Serpong tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya sekitar 15 sampai 20 menit.

Setelah sampai di tujuan, peserta didik masuk dalam pleton masing-masing di lapangan rumput. Peserta didik lalu di cek kesehatan, apakah ada riwayat sakit. Kegiatan diawali dengan perkenalan pelatih-pelatih yang akan mengajarkan kami. Lalu kami dipisahkan sesuai pleton dan pelatihan pun dimulai. Kami diajarkan PBB secara detail dan cara menggunakan kompas malam dan siang. Setelah itu kami membuat yel-yel bersama, kami sangat kompetitif karena yel-yel kami akan dinilai. Bukan hanya yel-yel saja yang akan dinilai, tetapi PBB kami juga dinilai. Saya masuk dalam pleton 3, dan pleton 3 menang dalam yel-yelnya. Saya dan anggota pleton 3 yang lain sudah berpikir bahwa kami akan kalah. Ternyata Tuhan berkata lain.

Kami bukan hanya diajarkan cara PBB, menggunakan kompas malam & siang, tetapi juga belajar bersyukur dengan apa yang kita miliki, dan saling toleransi kepada teman yang berbeda agama. Kami juga diajarkan untuk saling peduli terhadap teman-teman, seperti membantu menghabiskan makanannya, saling mengingatkan untuk membawa topi, dan cara bekerja dalam tim. Kegiatan Fisik dan Mental juga menuntut adanya kerja sama tim dan rasa kepedulian terhadap sesama anggota.

Pelatihan Fisik dan Mental ini sangat seru dan asyik. Kami dapat belajar banyak dalam pelatihan di Batalyon ARHANUD 1 KOSTRAD Serpong ini. Terlebih kami dapat saling mengenal orang-orang yang beda kelas. Pelajaran yang kami dapat juga diikuti dengan masa-masa bahagia yang akan diingat di ke depannya. Setelah mengikuti pelatihan Fisik dan Mental di Batalyon ARHANUD 1 KOSTRAD Serpong, postur saya menjadi lebih bagus, saya tidak lagi membuang-buang makanan saya, lebih rajin berdoa, lebih berani untuk maju di depan banyak orang, dan menjadi lebih mudah bersosialisasi.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back