Pengalaman Mengikuti Program Wasabi

  • Posted: 2023-11-29
  • By: Celia Aiko Handoko VIII-B/8, Ignatius Kensho Talendralim VIII-B/20, Jeane Marisca Putri Anggriyanto VIII-B/23, Regina Ivanka Yudistira VIII-B/33, Micah Jody Dharma VIII-E/26

Wasabi merupakan program yang dibuat oleh Seksi Kesenian Presidium SMP-SMA Santa Ursula BSD. Wasabi adalah singkatan dari “Waktu Sanurian Berekspresi”. Dalam program ini, peserta didik atau guru SMP-SMA Santa Ursula BSD diberi ruang dan kesempatan untuk menunjukan keterampilan dan bakatnya dalam bermusik, bernyanyi, atau menari dalam bentuk kelompok yang terdiri dari maksimal 5 orang. Program ini dilaksanakan pada setiap hari Sabtu minggu kedua dan keempat pada saat jam istirahat. Lokasinya berada di hall SMP-SMA Santa Ursula BSD. Wasabi sudah dilaksanakan dari bulan September sampai bulan November ini adalah yang terakhir.

Saat pertama kali mendengar program ini, kami sangat antusias untuk mendaftar. Mula-mula kami membentuk band yang terdiri dari Celia VIII-B, Kensho VIII-B, Jeane VIII-B, Ivanka VIII-B, dan Micah VIII-E. Dalam program Wasabi ini, semua instrumen harus dimainkan oleh siswa-siswi sendiri dan tidak boleh mengambil dari platform musik apapun. Disini kami membagi beberapa peran, yaitu Celia dan Jeane akan bernyanyi, Ivanka dan Kensho bermain gitar, dan Micah bermain keyboard. 

Kami sempat ingin mendaftar beberapa kali, namun merasa ragu-ragu sehingga tidak jadi mendaftar. Kami pertama kali ingin mendaftar pada bulan September untuk Wasabi bulan Oktober. Namun, kami tidak jadi karena lupa dan ternyata sudah melewati batas waktu pendaftarannya. Bulan selanjutnya, kami kembali hampir mendaftar dan tidak jadi lagi karena kami merasa belum siap dan mengalami beberapa kendala lainnya. Pada kesempatan berikutnya, kami mendengar bahwa akan diadakan Wasabi terakhir dan belum tentu akan diadakan lagi. Oleh karena itu, kami tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan langsung mendaftar.

Dari sekian pendaftar, kami lolos untuk tampil di Wasabi yang dilaksanakan pada Sabtu, 18 November 2023. Sebelum sampai hari pelaksanaan, kami mengikuti rangkaian proses persiapan. Kami berlatih dengan meminjam kelas yang diawasi oleh seksi kesenian. Kami berlatih sebanyak dua kali pada hari Senin, 13 November 2023 dan Selasa, 14 November 2023 sepulang sekolah. Keesokan harinya, kami melakukan checksound bersama dengan kelompok band yang lainnya. Kami disaksikan oleh anggota seksi kesenian. Pada saat melakukan checksound, kami tampil selayaknya pada hari pelaksanaan nanti. 

Tiba hari Sabtu, 18 November 2023. Pagi sebelum ekstrakurikuler pertama dimulai, kami melakukan checksound terakhir sebelum nantinya akan perform. Saat giliran kami untuk checksound, kami mengalami sebuah kendala dengan gitar yang akan digunakan oleh Kensho. Kendala terdapat pada amplifier yang akan digunakan sehingga suaranya tidak dapat keluar dengan sempurna. Pada akhirnya kami memutuskan untuk meminjam gitar milik teman yang juga akan tampil di hari itu. Saat waktu istirahat tiba, kami segera berkumpul di hall SMP-SMA Santa Ursula BSD. Kami merasa deg-degan dan gugup, namun sekaligus penuh semangat. Suasana hall sangatlah ramai dan penuh dengan antusiasme siswa-siswi dan teman-teman kami yang menonton. 

Kami berhasil melaluinya dengan baik, lagu yang kami tampilkan bertajuk “Jadi Kekasihku Saja” oleh Keisya Levronka. Kami merasa sangat lega dan bangga setelah kami tampil. Terlebih mendengar antusias penonton saat ikut bernyanyi dan tepuk tangan. Kami sangat bersyukur karena semua hal berjalan dengan lancar, kami juga sangat bahagia karena dapat melihat dan mendengar semua peserta didik dan guru ikut bernyanyi serta dukungan dari teman-teman kami. 

Selama menjalani rangkaian proses ini, tentu kami mengalami beberapa kendala. Contohnya adalah dalam berlatih memainkan lagu yang kami pilih di instrumen. Butuh waktu cukup banyak untuk melatihnya dan terkadang saat akan menyanyikan dari awal sampai akhir tersendat karena belum lancar. Selain itu, kami juga tidak memiliki gitar yang dapat disambungkan ke amplifier sehingga akhirnya kami harus meminjam dari teman lain. 

Kami merasa senang dan bangga bisa menjadi bagian dari program Wasabi ini. Meskipun tidak luput dari adanya kendala selama persiapan, kami berhasil menghadapi tantangan tersebut dengan baik dan dapat dinikmati oleh orang lain. Bagi kami, program Wasabi tidak hanya memberikan kami kesempatan untuk mengekspresikan diri melalui bermain musik dan bernyanyi, tetapi juga membantu memperkuat rasa kebersamaan dan kerjasama dalam sebuah kelompok. Program ini menjadi kenangan yang spesial dan berharga bagi kami. Kami merasa bersyukur telah memutuskan untuk mendaftar dan berpartisipasi dalam program Wasabi. Program Wasabi mengajarkan kami banyak hal termasuk kepercayaan diri untuk tampil di depan orang banyak. Kami harap, kami dapat memberikan kesan dan kenangan yang indah bagi para penonton sebagai salah satu kelompok yang tampil dalam Wasabi paling terakhir ini.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back