Belajar Menjadi Seorang Pemimpin

  • Posted: 2020-10-13
  • By: Nicolas Andrew Febrian Pai/IXA

Perkenalkan saya Nicolas Andrew Febrian Pai dari kelas IXA. Akhirnya, acara talkshow dengan judul “Merdeka di Tengah Pandemi” sudah sampai tahap terakhir atau selesai. Nah, sebagai informasi, saya adalah Penanggung Jawab dari acara tersebut. Ya, namanya saja penanggung jawab, sudah pasti harus bertanggung jawab terhadap acara tersebut. Sebenarnya, tugas penanggung jawab tidak banyak, tapi besar.

Ini adalah kali pertama saya menjadi penanggung jawab dalam kegiatan OSIS. Bagi saya, hal itu tantangan untuk terus belajar dan saya tidak pernah menjadikan itu sebagai beban. Bagi saya menjadi seorang penanggung jawab tidaklah mudah. Tidak hanya itu, untuk menjadi seorang penanggung jawab juga bukan sekedar nama yang tercantum dalam sebuah proposal. Istilah mudahnya bukan sebagai nama pajangan saja. Lalu, tugas penanggung jawab apa saja sih? Sulit atau mudah? Menurut saya sendiri, tugas penanggung jawab itu sederhana yaitu mengatur proses/rencana hingga kegiatan atau acara itu diselenggarakan. Nah, seperti yang saya jelaskan, tugas penanggung jawab tidak banyak, tapi besar. Maksudnya besar adalah porsinya jauh lebih banyak. 

Setelah menjadi penanggung jawab, saya belajar banyak hal, banyak pakai banget. Pertama, saya belajar untuk bisa membagi waktu, antara kegiatan sekolah, les, dan OSIS. Pembagian waktunya juga tidak sembarangan karena saya sendiri cukup sibuk dengan PR dan tugas sekolah. Kedua, Saya belajar untuk berpikir dan bertindak cepat saat ada masalah yang tiba-tiba datang, contoh saat itu, ada masalah di zoom meeting kelas VII saat sosialisasi tentang kegiatan talkshow ini. Alhasil, saya dan teman-teman membuat zoom meeting yang baru agar bisa melakukan sosialisasi. Terakhir, pastinya saya belajar untuk mengembangkan nilai kepemimpinan. Menurut saya, menjadi seorang pemimpin itu harus terus belajar dan mau menerima kritik dari orang lain.

Saya sangat senang bisa menjadi penanggung jawab untuk pertama kalinya. Saya juga senang karena acara talkshow selama dua hari ini berjalan di luar ekspetasi kami panitia. Dalam berproses, tentu ada banyak kendala, seperti salah konsep, stuck atau pembahasannya itu-itu saja dalam menentukan poin pembicaraan, dan masih banyak lagi kalau mau dikupas satu per satu. Ini semua juga berkat kerja keras dari tim 17 Agustus, tanpa mereka saya juga bukan apa-apa. Harapannya, semoga OSIS bisa menjadikan kegiatan ini sebagai inspirasi dan akan membuat acara yang lebih menarik di masa mendatang. 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back