Sharing Kak Tasya, Alumni yang Mengikuti Passion-nya

  • Posted: 2021-09-10
  • By: Nathaniel Davin Chen

Anastasia Suwandi atau biasa dipanggil Tasya adalah salah satu alumni Santa Ursula BSD yang berhasil meraih beasiswa private grants scholar in arts di Singapura, dan merupakan founder dari COMMO Creative.

Perjuangannya untuk masuk ke SMP Santa Ursula BSD sangatlah berat, ia belajar dengan sangat giat bahkan sampai sakit. Saat SMP, Kak Tasya suka berolahraga dan memiliki ketertarikan pada seni. Meskipun berfokus mengembangkan bakatnya, Kak Tasya tidak melupakan nilai-nilai akademiknya.

Ia juga suka mengikuti kompetisi di bidang seni, khususnya menggambar. Di masa kecilnya, Kak Tasya terbiasa untuk menggambar apa yang ia lihat secara langsung sehingga ia bisa mengetahui bahwa ia memiliki passion di bidang itu. Kak Tasya mengatakan bahwa hal yang kita suka mungkin bisa menjadi passion. Kita juga bisa mengenalinya dari perasaan kita terhadap aktivitas tertentu, apakah kita enjoy melakukan hal itu.

Setelah SMP, Kak Tasya berkesempatan memperoleh beasiswa, yaitu Private Grants Scholar in Arts, untuk melanjutkan studinya di di Singapura. Mencari ilmu di luar negeri bukanlah hal yang mudah bagi Kak Tasya.  Awalnya ia mengalami kesulitan dalam berkomunikasi karena bahasa yang berbeda. Tetapi ia terus mendorong diri untuk belajar sehingga ia dapat beradaptasi.

Kak Tasya juga menceritakan perjuangannya ketika mengalami kesulitan keuangan. Saat itu, ia memperoleh uang dari jasa lukis, membuat art model tato yang dijual dengan harga 5 dolar Singapura per lembar. Seiring berjalannya waktu, upaya ini membawa hasil yang cukup memuaskan.

Pada umur 18 tahun Kak Tasya memulai bisnis COMMO Creative, sebuah perusahaan, tepatnya digital marketing agency. Awalnya, banyak yang meremehkan Kak Tasya dalam hal ini, karena ia masih muda dan perempuan. Bahkan orang tuanya cenderung kurang mempercayai rencana Kak Tasya. Mereka tidak yakin bahwa passion Kak Tasya di bidang seni bisa menghasilkan uang.

Namun Kak Tasya tetap menekuni passion-nya. Hingga sekarang COMMO Creative sudah memiliki karyawan yang direkrut oleh dirinya sendiri. Kak Tasya memilih langsung orang-orang yang bisa diajak bekerja sama sebagai satu team dan juga cocok dijadikan teman untuk menjadi bagian dari perusahaannya.

Kepada peserta sharing, yaitu peserta didik kelas VIII, Kak Tasya juga menunjukkan bahwa dalam diri setiap pribadi pasti ada potensi yang bisa dikembangkan hingga membuahkan prestasi, kita perlu mengenali dan menemukannya. Belum lama ini, Kak Tasya juga mulai menekuni musik dan merasa senang melakukannya. Menurut Kak Tasya, musik pun bisa merupakan passion baginya.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back