SHARING PENGALAMAN PESERTA KOMPETISI LITERASI DAN NUMERASI PESONA 2021

  • Posted: 2021-09-10
  • By: Levanni 9C, Enrico 9D & Jolene 9D

Saya sangat bersyukur akan kesempatan yang diberikan untuk saya dan teman-teman dalam mengikuti Kompetisi Pesona Edu. Pada kompetisi ini dibagi dalam beberapa tahap, dimulai dari babak penyisihan, kemudian babak semi-final, dan yang terakhir babak final. Tentunya setiap babak memiliki tingkat kesulitan dan jenis soal yang berbeda-beda. Menurut saya, jenis dan tipe soal Kompetisi Pesona Edu adalah soal analisis, sehingga dibutuhkan kecermatan dan ketekunan dalam mengerjakannya. Beberapa hari sebelum kompetisi, kami diberi kesempatan untuk melakukan simulasi. Saat melakukan simulasi saya jadi lebih mendapat gambaran tentang jenis soal dan cara pengerjaannya.

Kami mengikuti babak penyisihan pada hari Jumat, 13 Agustus 2021. Kami diberi waktu dua jam untuk mengerjakan soal yang terdiri dari 40 soal (20 butir soal numerasi dan 20 butir soal literasi), soal pada babak penyisihan terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan soal benar-salah. Soal-soal yang diberikan cukup menantang sehingga membutuhkan kecermatan dan ketelitian untuk menjawabnya. Setelah 4 hari kemudian diumumkan nama peserta yang lolos untuk mengikuti babak berikutnya dan Puji Tuhan saya berhasil lolos ke babak semi-final. Pada hari Jumat, 20 Agustus 2021, saya kembali mengikuti lomba babak semi-final dengan jumlah soal yang masih sama dengan babak sebelumnya (40 soal) dan jenis soalnya juga masih sama, tetapi saya menyadari bahwa tingkat kesulitannya meningkat sehingga membutuhkan ketelitian dan konsentrasi lebih saat mengerjakannya. Beberapa hari kemudian, diumumkan lagi nama peserta yang lolos dan saya sangat bersyukur karena saya dapat lolos sampai ke babak final 50 besar dari seluruh Indonesia dengan peringkat yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Babak final diadakan pada hari Jumat, 27 Agustus 2021, soal terdiri dari 10 soal dengan jenis yang berbeda dari sebelumnya, ada tambahan jenis soal respons video, respons audio, dan uraian. Soal yang diberikan di babak final jauh lebih sulit dibanding babak-babak sebelumnya. Saya mengerjakan semua soal semaksimal mungkin. Saat ini, saya masih menunggu pengumuman hasil lomba, dan saya berharap dapat masuk dalam 6 besar lomba ini. Namun, jika tidak masuk dalam 6 besar saya juga tetap bersyukur. Hal ini karena saya dapat masuk dalam babak final dan mendapat pengalaman untuk mengikuti lomba literasi dan numerasi secara online di masa pandemi ini. Saya sangat senang dengan kesempatan yang diberikan sekolah untuk mengikuti Kompetisi Pesona Edu, saya juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh guru dan teman-teman.

~Levanni 9C

____________________________________________________________________

Kompetisi Literasi dan Numerasi ini meninggalkan banyak kesan. Pada awalnya, saat mengikuti kompetisi ini, saya merasa sedikit terpaksa, sedikit latihan, dan mengerjakan dengan mentalitas “yang penting selesai”. Namun seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa ini merupakan kesempatan yang patut disyukuri. Saat babak penyisihan, soal yang diberikan menantang tetapi masih familiar, seperti soal pilihan ganda dan pilihan ganda kompleks. Saya merasa senang ketika diumumkan bahwa saya masuk final. Namun, saya juga merasa gugup karena jenis soal yang baru seperti, uraian, penjelasan video, dan penjelasan audio. Saat babak final, seluruh soal berbeda dari babak sebelumnya. Jumlah soal berkurang dari 40 ke 10 soal. Namun, tingkat kesulitan soal lebih meningkat. Setelah melewati babak final, sekarang saya menunggu hasilnya meskipun belum tentu menang saya merasa bersyukur karena sudah mendapatkan pengalaman.

~Enrico 9D

____________________________________________________________________

Lomba Pesona Edu ini memberikan saya banyak pengalaman baru, mulai dari cara kerjanya, soal-soalnya, dll. Saat pertama daftar untuk ikut lomba Pesona Edu, saya tidak pernah berpikir untuk ikut lomba ini secara serius. Hanya untuk pengalaman dan mengikutinya bersama teman. Saya juga minimalis sekali saat harus melakukan latihan. Awalnya semangat, tetapi hari demi hari, saya jadi semakin malas latihan. Di hari simulasi, saya mulai menyesal tidak latihan. Saya sangat tegang, gugup, dan jadinya keringat dingin. Apalagi saat Babak Penyisihan. Semakin dekat dengan jam mulai, saya jadi semakin sering berkata, “Tidak apa-apa, jika tidak lolos, nanti coba lagi.” Ketika saya mengumpulkannya saya sudah pasrah dengan beberapa soal. Namun, saya merasa cukup senang dapat menyelesaikannya. 

Ketika tahu saya lolos, saya senang tetapi kecewa karena peringkat saya terlihat sangat rendah. Di babak semifinal saya jadi semakin gugup karena takut tidak lolos dan takut tidak bisa menyelesaikan. Pada saat itu, saya jadi lebih berpasrah. Di babak final ini, saya juga menjadi semakin takut. Takut mengecewakan, takut mengerjakan soal, dan takut tidak selesai. Perasaan jadi tidak karuan, mual, dan panik, saya mengerjakan soalnya dan itu benar-benar pengalaman baru untuk saya. Soalnya membingungkan, dan harus menjelaskan caranya sangat menantang sekali. Saya semakin berpasrah saat dan saya hampir mengumpulkan tanpa ada jawaban sama sekali. Namun tidak jadi.

~Jolene 9D

____________________________________________________________________

Pengalaman-pengalaman baru yang saya alami sepanjang kompetisi ini adalah bisa berpartisipasi dalam sebuah kompetisi melalui media digital untuk pertama kalinya. Sebelum soalnya dibagikan saya merasa tegang, walaupun perasaan itu berubah menjadi rasa puas dan pasrah ketika soalnya sudah dikumpulkan. Hal ini karena diselenggarakan secara digital, ada banyak kendala teknis yang dialami. Namun, ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan berharga bagi saya. Pengalaman berlomba bersama teman-teman dan mengerjakan soal-soal yang sangat baru bagiku.

~Kevin 9E

_____________________________________________________________________

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back