Perjalanan Menjadi Presidium Siswa SMP Santa Ursula BSD

  • Posted: 2022-05-24
  • By: Valerie Graceline Darsojo - VIII E

Selama dua hari di bulan Maret, tepatnya dari tanggal 18 hingga 19, kami calon Presidium SMP Santa Ursula BSD menghadiri pelatihan online bersama Suster Francesco Marianti, OSU, sebelum dilantik menjadi anggota presidium siswa. Saya, Valerie Graceline Darsojo merupakan salah satu calon yang mengikuti pelatihan tersebut.

Sebelum menghadiri pelatihan presidium online, saya mengikuti beberapa tahapan seleksi,  dimulai dari tes tertulis dalam google forms, serta tes tertulis dan tes wawancara bagi siswa yang terpilih dari kelas masing-masing. Dari beberapa tahapan tes, terpilih 30 siswa sebagai calon presidium.

Selang beberapa minggu setelah tes dilaksanakan, kami pun menghadiri pelatihan yang dibimbing langsung oleh Suster Francesco bersama dengan Pak Hakim dan Pak Tino. Pada hari pertama pelatihan, kami diminta untuk memikirkan peran dari seorang ketua, wakil ketua, bendahara, dan sekretaris, yang kemudian akan kami utarakan satu per satu di depan calon anggota lainnya.

Dari berbagai pendapat yang ada, kami berdiskusi untuk mendapatkan satu peran yang dapat melambangkan peranan lainnya. Setelah diskusi selesai, saya bersama teman-teman lainnya diberi kesempatan untuk mengajukan diri, siapa yang ingin menjadi calon ketua, wakil ketua, bendahara, dan sekretaris. Calon yang tidak memilih 4 peranan tersebut akan berperan sebagai ambulans (peran pelengkap).

Setelah memilih peranan masing-masing, kami dibagi menjadi kelompok sesuai dengan peranan yang kami pilih. Di kelompok tersebut, kami diminta untuk memikirkan apa saja tugas dari peranan yang kami pilih dan mempresentasikan hasil brainstorming kelompok untuk dievaluasi oleh Suster.

Pada hari kedua pelatihan, kami melanjutkan presentasi kami mengenai hasil brainstorming, apa tugas dari seorang ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris, serta ambulans. Presentasi kemudian dilanjutkan dengan penjelasan suster mengenai konsep presidium yang akan diterapkan pada OSIS SMP Santa Ursula BSD 2022. Pelatihan Presidium Siswa SMP Santa Ursula BSD diakhiri dengan rapat yang dipimpin oleh 7 ketua presidium untuk menentukan peran masing-masing anggota presidium, serta membahas teknis sosialisasi konsep presidium dan pelantikan anggota presidium.

Saya pribadi merasa sangat senang dan beruntung karena bisa mendapatkan kesempatan langsung dibimbing oleh Suster Francesco. Saya juga mendapatkan banyak ilmu baru dari pelatihan ini, salah satunya mengenai konsep presidium. Saya harap dengan mengikuti Presidium Siswa SMP Santa Ursula BSD, saya dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih mandiri, dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back