TERBENTUKNYA PRESIDIUM SISWA 2022

  • Posted: 2022-05-24
  • By: Kresentia Febriona Winanda Fajaryani/ IX B

Dimulainya tahun 2022 menjadi akhir bagi Badan Pengurus OSIS 2021 untuk menjalankan kepengurusannya. Setelah melewati berbagai proses bersama, kini saatnya bagi kami untuk melepas jabatan dan menyerahkan seluruh hasil kerja keras kami pada pengurus di periode mendatang. Maka dari itu, mulai tanggal 2 Desember 2021 hingga 2 Februari 2022, Badan Formatur mengadakan seleksi untuk memilih calon-calon badan pengurus yang akan menjadi penerus OSIS SMP Santa Ursula BSD.

Proses dalam menyeleksi hingga mengadakan pelantikan ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Demikian pula bagi para calon badan pengurus, tentu proses ini tidaklah mudah,karena mereka diwajibkan untuk melalui serangkaian tes yakni tertulis dan wawancara. Melalui proses pemilihan ini juga, Badan Formatur 2021 mengalami hal yang luar biasa dalam mengurus seleksi, audiensi, hingga pelantikan calon penerus Badan Pengurus OSIS 2021.

Proses pertama yang Badan Formatur lakukan dalam membentuk badan pengurus periode 2022 dimulai dengan seleksi tes tertulis dan wawancara yang diadakan pada Senin, 17 Januari hingga Sabtu, 22 Januari 2022. Melalui tes tertulis ini, Badan Formatur dapat mengetahui pilihan bidang kerja atau seksi yang diminati masing-masing calon badan pengurus, serta kemampuan mereka dalam memecahkan suatu masalah, atau yang biasa disebut dengan problem solving. Sedangkan melalui tes wawancara, Badan Formatur dapat melihat kemampuan public speaking, dan improvisasi calon badan pengurus dalam menjelaskan minatnya terhadap OSIS SMP Santa Ursula BSD.

Proses seleksi tes tertulis dan wawancara ini berjalan dengan lancar. Pada tes tertulis, semua kandidat dapat menjawab pertanyaan dengan cukup baik. Walaupun banyak yang tidak tuntas dalam pengerjaan, kandidat berusaha sebaik mungkin untuk menjawab soal dengan waktu yang terbatas. Sedangkan pada tes wawancara, semua kandidat mendapatkan gilirannya masing-masing dan bisa berbicara dengan baik, sehingga proses ini dapat berjalan dengan tepat waktu. Maka melalui proses tersebut, dimulai dari 127 siswa yang mendaftar, kini terpilihlah 30 siswa yang akan menjadi calon penerus BP OSIS periode 2021.

Di dalam suatu kepengurusan organisasi, tentu dibutuhkan seorang ketua dan wakil yang akan mengkoordinir kinerja kelompok tersebut. Oleh karena itu, proses kedua yang Badan Formatur lakukan dalam membentuk Badan Kepengurusan 2022 adalah dengan melakukan audiensi calon ketua dan wakil ketua.

Audiensi sendiri adalah proses recording pidato calon ketua dan wakil ketua yang akan ditampilkan pada saat PEMILOS 2022. Audiensi ini dihadiri oleh para guru dan Badan Pengurus OSIS 2021. Selama proses berlangsung, baik guru-guru maupun Badan Pengurus OSIS 2021 dapat bertanya kepada calon ketua dan wakil mengenai visi misi setiap individu. Proses audiensi ini dapat mengalir dan sesuai dengan waktu yang diberikan. Para calon ketua dan wakil dapat menyampaikan materi mereka dengan baik, sehingga hasil record audiensi ini dapat digunakan untuk PEMILOS 2022.

Setelah mengadakan audiensi, kini saatnya bagi anggota OSIS untuk memilih ketua dan wakil ketua yang akan mengurus di periode ke depannya. Tema atau judul PEMILOS 2022 ini adalah Encanto yang memiliki arti pesona. Kami memilih arti pesona karena calon ketua dan wakil ketua tentunya memiliki pesona tersendiri yang akan ditunjukkan saat pemilihan ketua, agar menarik perhatian para murid serta guru. Proses PEMILOS ini berjalan dengan lancar. Menggunakan hak pilihnya, semua siswa terlihat menikmati acara dan antusias dalam memilih calon ketua.

Setelah mengadakan PEMILOS, Badan Formatur dikejutkan dengan berita bahwa akan dilakukan pergantian sistem OSIS, yang sekarang berganti nama menjadi Presidium Siswa. Pada sistem ini, akan terdapat 7 ketua dan 5 seksi, maka dari itu mulai kepengurusan tahun 2022 ini, hingga berikutnya, OSIS akan diganti dengan Presidium Siswa. Sebelum diadakannya pelantikan, para calon Presidium Siswa wajib mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Dalam pelatihan tersebut mereka juga sempat membagi peran, yang akhirnya menjadi struktur Organisasi Presidium Siswa 2022.

Setelah membagi peran dan membentuk struktur organisasi, Badan Formatur dan calon Presidium Siswa sepakat untuk melakukan pelantikan pada Rabu, 2 Februari 2022. Proses pelantikan ini berjalan dengan lancar, bahkan selesai sebelum waktu perkiraan di timeline. Semua siswa yang sudah dilantik kemudian melanjutkan acara dengan foto, bersama para pembina dan BP OSIS periode 2021.

Akhir kata, kami BP OSIS 2021 berharap Presidium Siswa dapat membangun dan memajukan organisasi SMP Santa Ursula BSD serta menjadi versi kami yang lebih baik. Terima kasih BP OSIS 2021, dan selamat bertugas Presidium Siswa 2022!

Penulis adalah Sekretaris I Badan Pengurus OSIS SMP Santa Ursula BSD 2021 dan anggota Badan Formatur

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back