INTROVERT BUKAN SEBUAH HAMBATAN

  • Posted: 2022-09-21
  • By: Mikhaela Rise Kenyo Utomo (IX-A)

Perkenalkan saya, Rise dan saya mau berbagi pengalaman bertemu bintang tamu terkenal dalam acara “Talkshow With Alumni” Kamis, 9 Juni 2022.  Pertama, saya sempat bingung dan penasaran dengan bintang tamu yang akan hadir. Setelah tahu kalau bintang tamu tersebut adalah Kak Amelia Tantono, saya kaget karena Kak Amelia begitu panggilannya merupakan youtuber asal Indonesia yang bermukim di Korea dengan pengikut sebanyak 539. Dia juga terkenal di kalangan remaja yang menggemari grup band asal Korea termasuk saya atau disebut Kpop stan. Dalam dunia Kpop, stan biasanya dipakai untuk menggambarkan seseorang yang mengidolakan agensi atau grup idola tertentu. Kak Amelia sempat memainkan drama Korea berjudul Lunch Box bersama aktor asal Korea Selatan bernama Ji Soo. Karena saya merupakan salah satu penggemar grup band asal Korea dan pecinta drama Korea, semakin penasaranlah saya dengan ayang akan diberikan oleh Kak Amelia.

Kak Amelia memulai sharing dengan bercerita mengenai masa sekolahnya waktu duduk di bangku SMP Santa Ursula BSD. Ia bercerita bahwa dulu merupakan seorang yang introvert yang lebih memilih dan nyaman menghabiskan waktu serta energi untuk diri sendiri. Mendengar hal itu, saya cukup kaget karena yang saya ketahui dari internet dan saluran youtube miliknya, Kak Amelia merupakan guru Bahasa Indonesia NCT Dream dan sempat berperan menjadi MC dalam acara Shopee yang dibintangi tamu NCT Dream. Namun, setelah mendengar lebih lanjut akan sharing Kak Amelia, ia bercerita bahwa walaupun seorang introvert, Kak Amelia juga sering menjadi ketua kelas, wakil kelas, dan bendahara. Ketika diajak untuk bergabung menjadi pengurus OSIS, Kak Amelia menolak karena tidak begitu tertarik untuk mengikuti organisasi. Namun, sekarang Kak Amelia menyesal dulu tidak mengikuti organisasi sekolah (OSIS) karena ternyata mengikuti sebuah organisasi dapat menjadi pengalaman yang baik dan dapat membantu kita untuk pengalaman kita ke depannya.

 Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD yaitu Ibu Irene juga sempat memilih Kak Amelia untuk mengikuti lomba story telling bahasa Inggris karena Kak Amelia sendiri sejak dulu memang suka dan berbakat dalam hal berakting. Kak Amelia menerima tawaran dari Ibu Irene dan berlatih untuk mengikuti lomba tersebut sampai akhirnya memenangkan lomba tersebut. Namun tidak selesai sampai di situ, Kak Amelia juga ditawarkan untuk mengikuti lomba pidato dan dari situ, Kak Amelia memberanikan diri untuk keluar dari zona nyamannya dan mengikuti lomba tersebut. Dengan tekun berlatih pidato, Kak Amelia memenangkan lomba tersebut dengan menduduki posisi juara pertama. 

Saya terharu mendengar kelanjutan sharing Kak Amelia yang bercerita bahwa menjadi introvert tidak menjadi hambatan Kak Amelia untuk terus berkarya sampai sekarang karena Kak Amelia memberi motivasi yang membuat saya tertampar akan prestasi saya selama masa SMP ini. Kak Amelia memberi motivasi bahwa kita sebagai pelajar perlu memberanikan diri untuk mencoba tantangan baru dan keluar dari zona nyaman agar kita dapat lebih luas mengeksplorasi kemampuan-kemampuan yang kita miliki dari diri kita yang mungkin kita sendiri belum mengetahuinya. Kak Amelia juga mengatakan bahwa jika kita memiliki minat akan suatu hal, berlatihlah untuk meningkatkan dan memperbaiki hal yang kita minati karena berlatih dengan tekun membuat kita menjadi lebih optimal. Pada dasarnya kita semua tidak terlahir sempurna dan karenanya kita perlu berlatih dan terus memperbaiki hal tersebut karena bisa saja hal tersebut dapat menjadi bakat dan kekuatan kita. Terakhir, Kak Amelia mengatakan kalau hal-hal yang besar dimulai dari hal-hal kecil dahulu sehingga kita perlu sabar dan menghargai proses yang kita alami untuk mencapai suatu hal yang kita impikan. 

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back