Membangun Jiwa dan Raga Bersama Arhanud

  • Posted: 2022-10-27
  • By: Jolene Kezia Annabelle Sulung (XD/19) - Sumber Fot

Sebangan 164 peserta didik SMA Santa Ursula BSD Kelas X mengikuti pelatihan fisik dan mental yang dilaksanakan di Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) Kostrad. Latihan dalam rangka menanamkan sikap disiplin, tanggung jawab, kerja sama, serta meningkatkan daya konsentrasi peserta didik ini berlangsung mulai hari Selasa–Rabu, 20-21 September 2022. 

Pelatihan yang diberikan di Arhanud mencakup materi kompas dan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) Dasar. Selama 2 hari 1 malam, peserta didik akan didorong untuk menjadi lebih mandiri, peka terhadap sesama teman kelompok, dan kompak dalam menjalani segala aktivitas. Walaupun semua aktivitas dan pelatihan dilakukan di bawah terik sinar matahari, peserta didik juga tetap diharapkan untuk selalu semangat dan tidak mudah mengeluh. 

Materi kompas dimulai dari perkenalan komponen-komponennya. Lalu, materi ini dilanjutkan dengan cara penggunaannya sesuai dengan jenis kompas yang akan digunakan oleh kelompok. Jenis kompas sendiri dibagi menjadi dua, yakni kompas siang dan kompas malam. Dalam menggunakan kedua jenis kompas, butuh ketelitian, kesabaran, dan kerja sama dari anggota kelompok untuk saling membantu melihat arah mata angin.

Materi selanjutnya yaitu materi Peraturan Baris-Berbaris (PBB) Dasar, kami diajarkan apa yang diperlukan untuk mengeksekusi sikap sempurna, istirahat di tempat, hadap kanan dan hadap kiri, balik kanan, memeriksa kerapian seragam, jalan di tempat, dan sikap hormat dengan benar. Semua ini harus dilakukan oleh peserta didik dengan bersemangat, penuh energi, dan kompak, tetapi secara perlahan dan tidak terburu-buru. 

Dalam beraktivitas dan belajar di Arhanud, peserta didik juga diajak untuk berkreasi dalam kebersamaan saat membuat yel-yel peleton (satuan pasukan yang terdiri atas 20-40 orang). Bersama dengan tiga instruktur TNI AD yang membimbing masing-masing peleton, peserta membuat berbagai macam seruan, nyanyian dan nada, serta gerakan yang beragam untuk membuat yel-yel peleton yang terbaik. 

Tidak hanya pelatihan mengenai fisik dan kekuatan, peserta juga dikenalkan dan diberi penyuluhan terkait pertolongan medis sederhana oleh tentara medis Arhanud. Peserta kelas X diajarkan dan ditunjukkan bagaimana caranya menangani seseorang yang patah tulang (tertutup dan terbuka), pingsan, mempunyai luka pada kepala, patah tulang rusuk, dan patah leher. Beberapa peserta juga diperbolehkan untuk maju dan mencoba simulasi memberikan pertolongan medis. 

Ketika malam hari tiba, aktivitas pun masih tetap berlanjut dengan adanya penjelasan materi mengenai kebangsaan. Kami diajarkan bahwa sejak usia dini, anak-anak bangsa Indonesia harus didorong untuk memiliki sikap nasionalisme terhadap Indonesia dan membela Indonesia dengan prestasi yang dicapai oleh tiap individu. Materi kebangsaan ini dilengkapi dengan sebuah video mengenai Periode Bersiap—sebuah masa setelah Kemerdekaan Indonesia mengenai konflik dan balas dendam rakyat Indonesia terhadap tentara Jepang. Aktivitas malam diakhiri pukul 01.00 WIB melalui aktivitas Jurit Malam dengan menggunakan kompas malam. 

Namun, acara belum berakhir. Kegiatan di Arhanud kembali mulai pada hari Rabu, 21 September 2022 di lapangan untuk melaksanakan lomba yel-yel dan PBB Dasar antarpeleton. Lomba ini secara khusus dinilai oleh guru-guru pengajar yang ikut mendampingi pelatihan mental dan fisik. 

Untuk menutup acara, peserta diajak oleh para instruktur TNI AD untuk melakukan Fun Games. Namun, bukan hanya untuk unsur keseruan dan bersenang-senang, Fun Games ini masih tetap melibatkan nilai kerja sama, kesabaran, dan saling menghargai tiap individu maupun kelompok. Peserta didik didorong untuk aktif berperan dalam permainan estafet bola, memindahkan bola dengan tali, permainan outbound bulldozer, dan berbagai permainan seru lainnya.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back