Lomba Desain Grafis di SMK Santa Maria Jakarta

  • Posted: 2023-09-21
  • By: Skolastika Letishia Riyanti Prita Dewi IX-A/36

Kamis, 31 Agustus 2023 sampai Jumat, 1 September 2023, SMK Santa Maria Jakarta mengadakan perlombaan dalam berbagai bidang yang bernamakan “SMAVOS”. Salah satu perlombaan yang diadakan pada kedua hari tersebut adalah lomba desain grafis dengan hasil akhirnya berupa poster. Tema yang diberikan adalah kemerdekaan dengan menggabungkan unsur kebudayaan menggunakan aplikasi Adobe Illustrator. Saya menjadi salah satu siswi yang dipilih untuk mengikuti perlombaan tersebut bersama satu teman lainnya. Saya benar-benar tidak memiliki pengalaman menggunakan aplikasi Adobe Illustrator. Tentunya hal ini terasa mustahil untuk dilakukan, apalagi aplikasi Adobe Illustrator merupakan aplikasi desain yang sangat kompleks.

            Sehari setelah mengikuti technical meeting, saya baru mengunduh aplikasi Adobe Illustrator dan mulai mengeksplorasinya sehari setelahnya pada Sabtu, 25 Agustus 2023 saat jam ekstrakurikuler desain grafis. Saat itu saya baru mulai mengenal tools dan fitur yang tersedia. Maka, saya hanya memiliki waktu kurang dari 1 minggu untuk mempelajari dan mempersiapkan konsep untuk lomba. Di saat itu saya masih merasa takut, tidak yakin, dan merasa mustahil bisa mempersiapkannya dengan baik apalagi saat mengikuti technical meeting diinformasikan bahwa di hari kedua lomba akan diadakan presentasi sehingga saya merasa semakin tidak yakin.

            Minggu, 26 Agustus 2023 saya bersama teman saya (Rara/IX-E) dan guru ekstrakurikuler (Kak Elvira) memutuskan untuk berkumpul bersama untuk mempelajari dan memahami cara kerja direct selection tool, pen tool, pathfinder, dan beberapa lainnya. Saat itu saya sudah mulai paham dan mencoba mengeksplorasi secara mandiri, tetapi saya masih tidak yakin bisa melakukannya saat lomba. Pikiran saya pun sempat dipenuhi perasaan yang tidak mengenakkan sehingga sempat merasa terbebani. Bahkan, banyak aktivitas yang saya tunda untuk mempersiapkan lomba. Sehari sebelum lomba yaitu hari Rabu, saya mengisi waktu untuk menyelesaikan aktivitas yang tertunda selama beberapa hari ditambah lagi, saya harus mempersiapkan penilaian harian yang akan datang. Maka, saya belajar menggunakan Adobe Illustrator dan mempersiapkan lomba ini hanya dalam empat hari berturut-turut.Saya beruntung sekali selalu dibantu oleh Kak Elvira untuk mengatasi kebingungan, mempersiapkan konsep, dan lainnya serta didukung oleh teman-teman saya. Saya benar-benar berusaha agar dapat mengikuti lomba dengan baik dan lancar walau tidak harus juara.

            Pada hari pelaksanaan lomba, saya sudah tidak berharap untuk menang karena saya masih di tahap pemula dan hanya bermodal konsep poster dan sedikit pemahaman tentang tools yang tersedia. Saya memulainya dengan membuat sketsa di kertas yang disediakan panitia lomba dan setelah kurang lebih 20 menit saya masukkan hasil sketsanya ke aplikasi Adobe Illustrator. Proses mendesain hari pertama berlangsung selama lima jam dan saya berhasil menyelesaikan poster sebesar 70%. Kemudian, lomba berlanjut di hari kedua yaitu pada Jumat, 1 September 2023. Proses mendesain berlangsung selama tiga jam dan saya berhasil menyelesaikan secara keseluruhan. Saya mendapat nomor urut akhir untuk presentasi sehingga saya bisa melihat semua karya siswa yang lain. Saya tetap berpasrah dan minim harapan untuk menang karena karya yang ditampilkan siswa yang lain sangat bagus dan tidak mempunyai harapan untuk menang. Saat presentasi, saya dapat mempresentasikannya dengan cukup baik, dan tidak disangka ternyata respon juri bagus dan minim kritikan atau masukan (hanya ada 1 masukan yang diberikan juri kepada saya). Saat itu saya merasa ada sedikit harapan, mungkin saya bisa menempati juara ke-3 walau persentase kemungkinannya menurut saya sangat kecil. Setelah lomba saya benar-benar merasa lelah sekaligus bersyukur dapat menyelesaikan lomba dengan cukup baik.

            Pengumuman lomba akan dilaksanakan hari Sabtu, 2 September 2023, tetapi sayangnya perwakilan dari Santa Ursula BSD tidak dapat menghadirinya, maka informasi pemenang juga akan diinformasikan melalui WhatsApp. Saya tidak memiliki harapan yang tinggi untuk menang, apalagi di hari Sabtu tidak ada informasi apapun dari para guru yang mendampingi. Tiba-tiba saya mendapat berita mengejutkan di hari Minggu pagi. Saya membuka WhatsApp dan mendapati pesan dari guru pendamping bahwa saya juara bahkan menempati juara 1.

            Awalnya saya pikir di lomba ini saya diarahkan hanya untuk lebih berdaya juang dan gigih saja, tetapi ternyata lebih dari itu. Dari pengalaman ini saya benar-benar belajar untuk selalu bekerja keras tetapi juga harus selalu dipenuhi pemikiran positif dan yakin kepada diri sendiri. Saya juga dikuatkan bahwa usaha yang dilakukan pasti akan terbayarkan dalam waktu dekat ataupun di kemudian hari. Saya mengalami banyak kesulitan dan perasaan tidak mengenakkan selama tahap persiapan, ternyata ada kejutan besar untuk membayar semua kerja keras saya yang disiapkan-Nya. Saya sangat bersyukur dapat diberi kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan menempati posisi juara 1 serta belajar untuk selalu semangat dan pantang menyerah.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back