WASABI : Waktu Sanurian Berekspresi

  • Posted: 2023-11-29
  • By: Natania Nalini Dewanto IX-A/29 Franceline Alicia Wirharjanto IX-B/15 Caecilia Keira Wen IX-C/10 z | Dokumentasi (cr : Nathan 9E)

Puluhan anak berkumpul setelah bel istirahat berbunyi. Telinga mereka disambut alunan musik ketika memasuki hall. Tangan yang masih memegang makanan maupun peralatan ekstrakurikuler, bukan alasan bagi mereka untuk tidak berkumpul bersama di hall menikmati pertunjukan. Banyak yang bernyanyi maupun banyak yang diam takjub menikmati. Itulah “Waktu Sanurian Berekspresi” atau “Wasabi”.

“Waktu Sanurian Berekspresi” atau “Wasabi” adalah program kolaborasi antara Seksi Kesenian Presidium SMP Santa Ursula BSD 2023 dengan Presidium SMA 2023. Program ini berupa pertunjukkan musik yang diadakan pada hari Sabtu setiap bulan. SMP hadir memeriahkan acara pada hari Sabtu minggu kedua, dan SMA pada minggu keempat.

“Wasabi” selalu diawali dari proses pendaftaran, kemudian dilanjutkan dengan proses seleksi dari peserta didik yang sudah mendaftar di kegiatan “Wasabi”. Proses seleksi ini  dilakukan oleh Seksi Kesenian. Setelah melalui proses seleksi, bagi peserta didik yang terpilih untuk menjadi talent di kegiatan “Wasabi” akan di briefing mengenai jadwal latihan, tata tertib, timeline dari “Wasabi” pada bulan tersebut, dan sebagainya. Tentunya untuk memberikan penampilan serta  mengekspresikan diri mereka dengan sebaik mungkin, seluruh talent kegiatan “Wasabi” melakukan latihan baik di sekolah maupun di luar sekolah. 

Latihan yang dilakukan di lingkungan sekolah berada dalam pengawasan panitia dari kegiatan “Wasabi” atau Seksi Kesenian itu sendiri. Melalui proses berlatih ini, talent kegiatan “Wasabi” bukan hanya dapat menyempurnakan penampilan yang akan mereka berikan. Namun juga belajar untuk terbuka terhadap pendapat, kritik, dan saran yang membangun, serta manajemen waktu dan mengatur skala prioritas mereka sebagai talent di kegiatan “Wasabi” maupun pelajar. Selain itu, melalui proses tersebut peserta didik juga mendapatkan berbagai nilai-nilai hidup, terutama 10 nilai Santa Ursula  seperti nilai penghargaan, daya juang, kepekaan, tanggung jawab, kemandirian, dan sebagainya.

Setelah berproses dalam latihan, para talent akan melaksanakan dua kali check sound  sebelum pelaksanaan “Wasabi”di hari-H. Setelah semua persiapan sudah matang, maka akan dimulai “Wasabi”. Belakang panggung, tempat dipenuhinya keringat, teriakan, maupun tangisan menjadi saksi dari “Wasabi” ini. Tempat tersimpannya sejuta perasaan ini menjadi tempat kami maupun para talent berkembang dan bertumbuh bersama.

“Wasabi” terdapat sekitar 3 sampai 4 penampilan. Dalam sehari dapat dipenuhi oleh talent SMP, talent SMA, maupun kolaborasi. Semua penonton nyanyi dengan riang sambil menikmati waktu istirahat mereka. Dalam semua euforia ini, juga masih ada teman-teman ekstrakurikuler fotografi yang bekerja keras mengabadikan momen-momen ini.

Berikut adalah salah satu cerita talent kami yang mengikuti “Wasabi” bernama Nayo/VII-D. Ia bercerita bahwa pengalaman “Wasabi” kemarin sangat membangkitkan rasa kepercayaan dirinya dan menjadi sebuah ajang bagi dirinya menjadi seorang “superstar”.

Sayangnya, program “Wasabi” pada tahun 2023 sudah berakhir, ditandai dengan “Wasabi” terakhir pada 18 November 2023. Pada “Wasabi” itupun kami Seksi Kesenian mempersembahkan sebuah lagu sebagai ucapan terima kasih dan pamit. 

Sekian dari kami Seksi Kesenian 2023, besar harapan kami agar “Wasabi” ini dapat terus dilanjutkan dan berkembang di pengurusan berikutnya sehingga menjadi sebuah wadah bagi siswa mengembangkan jiwa seni mereka.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back