Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Tulang Kelas VII SMP Santa Ursula BSD

  • Posted: 2024-04-23
  • By: Rosa 7D no 34

Pada hari Jumat, 22 Maret 2024, siswa - siswi VII mengikuti penyuluhan / edukasi tentang kesehatan tulang dari Spine Clinic yang dilakukan di Aula Santa Ursula BSD. Selama kegiatan ini, kami didampingi oleh dr. Grace Shandy dari Spine Clinic dan dijelaskan mengenai kesehatan tulang, secara spesifiknya tentang skoliosis. Pada saat kegiatan ini, orang tua siswa-siswi VII juga diundang untuk mengikuti kegiatan secara online melalui zoom. Penyuluhan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kepekaan siswa-siswi VII mengenai kesehatan tulang belakang mereka.

Kegiatan ini dimulai dengan bu Lia yang memberikan pengantar sebelum penyuluhan. Setelah itu, kami dikenalkan dengan dr. Grace Shandy dari Spine Clinic. Kami diberikan penjelasan tentang skoliosis, dan penyebabnya yang ternyata 80% kasus skoliosis tidak diketahui penyebabnya. Lalu, kami diperlihatkan cara mendeteksi skoliosis di rumah dengan Adams Forward Bend Test . Salah satu siswa VII maju ke depan dan mencontohkan cara melakukan Adams Forward Bend Test bersama dengan dr. Grace Shandy. Kami juga dijelaskan bahwa ternyata perempuan memiliki kecenderungan terpapar skoliosis lebih tinggi daripada laki-laki dengan perbandingan 1 : 8, dan skoliosis cenderung terjadi pada masa pertumbuhan karena masa pertumbuhan merupakan saat-saat tulang belakang mulai mengeras.Setelah itu, kami juga diberikan penjelasan tentang penanganan skoliosis yaitu dengan terapi skoliosis menggunakan brace dan latihan rutin. Kami juga diperlihatkan perubahan bentuk tulang belakang sebelum melakukan terapi skoliosis dan setelah melakukan terapi skoliosis, dan dijelaskan bahwa terapi skoliosis paling baik dilakukan pada masa pertumbuhan. Terapi skoliosis juga membutuhkan kedisiplinan dalam menggunakan brace dan melakukan latihan rutin.

Setelah itu, terdapat sesi tanya jawab dimana siswa-siswi VII dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan mengenai skoliosis yang lalu dijawab oleh Dr. Grace Shandy. Orang tua siswa-siswi VII juga menanyakan pertanyaan-pertanyaan melalui kolom chat dalam zoom. Setelah itu, dr. Grace Shandy diberikan penghargaan dari sekolah oleh Ibu Cicil selaku Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD. Selanjutnya, 2 siswa/i VII diminta untuk maju ke depan dan menyampaikan apa yang mereka dapatkan dari penyuluhan ini. Dari penyuluhan ini, kami mampu mengetahui lebih dalam tentang skoliosis dan kami dapat lebih peka terhadap kesehatan tulang belakang tubuh kami masing-masing. Kami juga dapat belajar banyak hal dan mendapatkan banyak wawasan mengenai skoliosis dan kesehatan tulang belakang.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back