Co-educational day school for Pre-School through Twelfth grade

Mengembangkan Imajinasi dengan Literasi

  • Posted: 2019-11-07
  • By: Lorensius Eka Setiawan

Bulan Oktober dirayakan sebagai bulan bahasa merujuk pada sejarah bangsa yang menetapkan bahasa resmi masyarakat Indonesia adalah bahasa Indonesia. SMA Santa Ursula BSD melaksanakan kegiatan bulan bahasa pada 28 Oktober 2019 yang bertajuk Mengembangkan Imajinasi dengan Literasi. Acara bulan bahasa diikuti oleh peserta didik program studi bahasa sebanyak 70 peserta. Dalam kegiatan tahun ini, kami mengundang seorang pembicara bernama Yohanes Grady Irawan. Grady adalah seorang alumni program studi bahasa SMA Santa Ursula BSD tahun 2012. Kecintaannya pada literasi ia tuangkan dalam karya sastra berupa novel. Salah satu novel karyanya berjudul Pile a Lot. Saat ini Grady bekerja sebagai seorang pilot. Profesi inilah yang menjadi salah satu sumber inspirasi Grady untuk terus menulis. 

Selain itu, ia juga memotivasi kepada siswa program studi bahasa untuk terus menulis, jangan minder dan takut menjadi anak bahasa. Sebagai anak bahasa harus bisa melakukan dan mengubah sesuatu melalui karya mereka.

Saya menulis pengalaman teman-teman saya, melakukan penelitian untuk pengalaman yang lain (film, buku) menentukan seri. Cara memunculkan ide itu nonton film, bioskop, drama, atau baca buku. Cara untuk menambahkan ide untuk menulis, misalnya romance dicampur horror dan romance dicampur comedy. Melakukan observasi dari tingkah laku: cari ide dari mampir ke kafe, liat sekitar kalian. Dari fisik, liat rambutnya, tingginya, dan bentuk tubuhnya. Bisa juga dengan cara mewawancarai, ngobrol, dengerin cerita teman-teman (harus bisa membayangkan) bisa dimasukkan ke majas hiperbola. Harus merasakan keadaan orang . Ada lagi mengembangkan peran figuran atau bagian kecil sebuah cerita”, ungkap Grady.

Tidak hanya mengikuti seminar, peserta didik program studi bahasa juga mengikuti lomba untuk memeriahkan acara bulan bahasa. Ada tiga kategori lomba yang diikuti peserta didik, yaitu; mencipta cerpen,  mencipta puisi,  dan  mencipta poster dengan tema yang berbeda setiap kategori lomba. Pengumuman kategori lomba sudah dilakukan satu minggu sebelum hari bulan bahasa. Peserta didik mengumpulkan karya mereka dalam bentuk hardcopy dan softfile (dikirim melalui surat elektronik). 

Kategori lomba pertama adalah mencipta cerpen, dimenangkan oleh Elizabeth Bernice kelas XI bahasa dengan judul 22 Mei 2019 sebagai juara I dan yang juara II dimenangkan oleh Anne Wiratma kelas XII bahasa dengan judul Si Pemilik Toko. Kategori lomba kedua adalah mencipta puisi, dimenangkan oleh Victor Philippus Evanno Boruk kelas XII bahasa dengan judul Nestapa Negeri Tercinta sebagai juara I dan yang juara II dimenangkan oleh Sabina Prajnamalini Pusposari Sumarno (Sebi) kelas XII bahasa dengan judul Balada Orang Gila. Kategori lomba ketiga adalah mencipta poster, dimenangkan oleh Serafina Mika kelas X bahasa sebagai juara I dan yang juara II adalah Ariella Lasmaria Eunice Saragih kelas X bahasa. 

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back