Menyambut AI (Artificial Intelligence) dalam Dunia Pendidikan

  • Posted: 2020-12-09
  • By: Irina Susilaningrum

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kini tengah dikembangkan secara pesat.  Teknologi  ini meniru bahkan mengambil alih pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia. Artificial Intelligence (AI), adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh mesin. Kecerdasan buatan ini merambah di seluruh bidang tak terkecuali juga dalam dunia pendidikan khususnya di era industri 4.0.

Apa itu AI ?AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan merupakan simulasi kecerdasan manusia yang dilakukan oleh mesin. AI merupakan sebuah kemampuan mesin yang memberikan pengalaman langsung melalui sebuah sistem. AI banyak memperkenalkan beberapa metode yang dapat diramu ke dalam sistem pendidikan.

Di masa pandemi tidak menyurutkan semangat para guru SD Santa Ursula BSD menambah wawasannya dengan mengikuti pelatihan tentang AI (Artificial Intelligence) secara daring. Pelatihan AI/kecerdasan buatan bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru di era digital ini. Kegiatan ini dimentori oleh Bapak Teddy Suparyanto.

Kegiatan yang pertama terlaksana pada Selasa, 27 Oktober 2020. Para guru mengenal dasar-dasar AI (Artificial Intelligence). Kegiatan kedua terlaksana pada Senin, 2 November 2020. Para guru sudah melakukan praktik secara individu dengan dibimbing oleh mentor. Guru mempraktikkan berbagai metode yang ada di dalam AI. Kegiatan ketiga terlaksana pada Senin, 20 November 2020. Guru mengenal IMB cloud dan Machine Learning for Kids yang ada di dalam program AI. Kedua program ini dapat digunakan sebagai sistem pembelajaran yang berbasis teknologi. Dapat diakses secara web dan berisi konten-konten pembelajaran.

 

Para guru mengikuti dengan sangat antusias. Mereka terlibat langsung dalam proses kegiatan. Mereka dapat berdinamika dengan baik dalam proses mempelajari AI bersama-sama. Banyak hal yang didapatkan berkaitan dengan AI sebagai racikan secara digital dalam proses pembelajaran. Tentunya akan ada tindakan keberlanjutan sebagai output dari kegiatan ini.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back