PENDIDIKAN SEKSUALITAS PESERTA DIDIK KELAS 8

  • Posted: 2021-04-05
  • By: Ganis Ritma Ayu Pratama

Masa remaja merupakan peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Ada banyak perubahan yang dialami remaja, seperti perubahan fisik, cara pikir, dan emosi yang mana ketiganya saling berkaitan. Selain perubahan dalam diri remaja itu sendiri, harapan dari orang-orang sekitar mereka pun berubah. Remaja biasanya diharapkan lebih bisa bertanggung jawab terhadap dirinya. Adanya perubahan yang dialami dan harapan yang diberikan pada remaja seringkali membuat mereka menjadi tidak nyaman namun sekaligus bertanya-tanya mengenai apa yang bisa dilakukan.

Oleh karena itu, SMP Santa Ursula BSD memfasilitasi keingintahuan tersebut dengan memberikan kegiatan pendidikan seksualitas. Kegiatan ini diberikan oleh tim psikolog Santa Ursula BSD kepada peserta didik kelas 8 dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti kondisi proses adaptasi mereka di SMP yang semakin matang (dibandingkan saat mereka masih berada di kelas 7) dan terjalinnya relasi pertemanan yang semakin erat, bahkan mulai banyak yang menyukai lawan jenis. Fokus dalam pendidikan seksualitas yang diberikan adalah penghargaan terhadap diri sendiri dan orang lain termasuk bagaimana berperilaku serta menampilkan diri di media sosial.

Kegiatan ini dilakukan di setiap kelas 8 secara virtual selama dua hari (pukul 07.00 – 11.00) sesuai dengan waktu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dijalani peserta didik. Materi hari pertama lebih banyak membahas mengenai perubahan fisik yang dialami remaja serta bagaimana cara menjaga dan merawat diri. Kemudian di hari kedua, pembahasan lebih banyak ditekankan mengenai relasi remaja dengan lingkungan sosialnya. Dalam kegiatan ini, ada beberapa topik materi yang diberikan dalam kelompok yang lebih kecil (kelompok laki-laki dan kelompok perempuan). Beberapa metode penyampaian materi seperti sharing, diskusi kelompok, pemutaran video, dan permainan (quiz) juga digunakan untuk mempertahankan atensi peserta didik.

Peserta didik cukup bisa mengikuti rangkaian kegiatan ini meskipun ada kalanya perlu lebih didorong untuk mau mengungkapkan pendapatnya. Berdasarkan hasil evaluasi, melalui kegiatan ini mereka belajar bahwa setiap pribadi itu unik dan berharga sehingga perlu disyukuri dan dijaga. Mereka pun belajar bagaimana cara bersikap dan menjalin relasi yang baik dengan orang lain. Sebagian besar dari mereka mengungkapkan sesi berbagi pengalaman/cerita dan saling memberi apresiasi antar teman merupakan bagian yang berkesan semakin membuat mereka percaya diri.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: views/page_news_detail.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/sant9977/public_html/application/views/page_news_detail.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/sant9977/public_html/application/views/template.php
Line: 107
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/application/controllers/News.php
Line: 90
Function: view

File: /home/sant9977/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Back